Generasi Z (gen Z), yakni mereka yang lahir sekitar tahun 1997 hingga 2012 (usia 9 – 24 tahun), adalah generasi internet atau generasi net. Lahir di zaman serba digital yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari serta konten yang sangat tidak terbatas, serta selalu terhubung dengan media sosial, Gen Z terbentuk menjadi sebuah generasi yang cukup unik dengan memiliki kepribadian, ketertarikan, dan penampilan yang berbeda-beda.

Masa remaja Gen Z (batasan remaja menurut WHO adalah usia 12 sampai 24 tahun), dijelaskan oleh Kak Tara de Thouars, BA, M.Psi, Psikolog, biasanya ditandai dengan pencarian identitas diri dan membutuhkan penerimaan sosial yang tinggi. “Untuk bisa melalui masa remajanya dengan baik, maka mereka perlu bisa tampil berani  berekpsresi, memaksimalkan potensinya dan juga bisa beradaptasi dengan baik. Untuk semua ini bisa tercapai, tentu diperlukan karakter-karakter tertentu yang baik,” katanya.

Karakter apa saja sih yang perlu dimiliki seorang remaja? Kak Tara menegaskan, ada satu hal yang sangat penting untuk men-support bertumbuhnya karakter remaja, yakni rasa percaya diri alias “pede”.  Ternyata nih, berdasarkan hasil survei “Sweet Character in Gen Z” yang dilakukan Gadis di tahun 2021 ini, 71% Gen Z sudah memiliki rasa percaya diri tinggi. Rasa pede ini, ditegaskan oleh Kak Tara, sangat penting bagi seorang remaja. “Jika remaja pede, maka ia bisa yakin terhadap dirinya sendiri, memaksimalkan potensinya, dan bisa mengatasi tantangan hidup,” ujar Psikolog Klinis tersebut.

Tara de Thouars, BA, M.Psi, Psikolog

Tapi tentu saja, rasa pede ini harus terus dibangun dan dipertahankan, mengingat banyaknya tantangan di masa remaja. Bila tidak dibangun terus, remaja bisa nge-drop.

Nah, menurut para gen Z ada beberapa hal yang bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka. Apa saja? Ketika mereka merasa dipandang positif oleh orang lain (82%), memiliki penampilan baik seperti wangi (66%), dan menonjol dalam akademik (59%). Dengan rasa percaya diri ini, remaja Gen Z jadi merasa lebih aktif, positif, dan inovatif.

Pentingnya Karakter Sweet pada Gen Z

Namun, bukan hanya karakter aktif, positif, dan inovatif saja, remaja juga penting memiliki karakter yang ‘sweet’. Hmm, apa itu? karakter sweet adalah karakter yang ramah, menyenangkan, peduli, empatik, dan perilaku manis lainnya. Ditegaskan oleh Kak Tara, ketika remaja memiliki karakter ‘sweet’, maka mereka dapat menghindarkan perilaku bullying, tidak peduli, tidak menghargai, cemburu dan perilaku-perilaku negatif  yang biasanya mereka alami. Wah, bagus banget ya memiliki karakter sweet?

Masih berdasarkan survei Gadis, Gen Z sendiri merasa penting untuk memiliki karakter sweet (89%) dan merasa penting untuk dilihat memiliki karakter sweet (82%). Kak Tara menambahkan, untuk membangun karakter sweet ini sangat diperlukan faktor internal, seperti rasa percaya diri, dan faktor eksternal, seperti pengaruh lingkungan.

Fres and Natural Dessert Collection

Nah, bicara sweet atau manis, kita pasti teringat ya dengan hidangan pencuci mulut alias dessert. Umumnya sajian dessert lezat dan manis, contohnya saja macaron dan cupcake. Tak hanya lezat, tampilannya juga sedap dipandang plus warnanya menarik hati.

Kabar gembira, nih! Berkaitan dengan pentingnya membangun karakter sweet dalam diri remaja Gen Z, Wings Group Indonesia, melalui produk Fres & Natural meluncurkan varian terbarunya yakni Fres & Natural Dessert Collection dan mengusung hashtag #BeSweetBeYou, untuk mengajak Gen Z membangun karakter sweet.

Hadir dalam bentuk spray cologne dan body wash, Fres & Natural Dessert Collection memiliki desain dan keharuman parfum unik yang terinspirasi dari dessert yang cute dan wangi sweet yang menyenangkan.

Pink Cupcake dan Berry Macaron

Ada 2 varian yang bisa dicoba, Fres & Natural Dessert Collection Pink Cupcake, dengan wangi yang menggemaskan seperti sebuah cupcake, yaitu perpaduan vanila dan juicy fruits. Lalu, ada pula Fres & Natural Dessert Collection Berry Macaron. Sensasi wanginya yang mempesona dari perpaduan vanila dan mix berries dijamin bisa bikin hari-hari kita jadi menyenangkan.

Merry Christanty, Brand Manager Fres & Natural

“Dengan hadirnya spray cologne dan body wash dari Fres & Natural Dessert Collection ini, kami ingin semakin mendukung terbentuknya potensi dari karakter sweet dan berani tampil para Gen Z,” ungkap Ibu Merry Christanty, Brand Manager Fres & Natural pada acara peluncuran Fres & Natural Dessert Collection secara virtual, Kamis (24/06).

Yups,  seperti yang telah disebutkan, tubuh wangi berfungsi sebagai sumber support internal untuk menjaga, mempertahankan dan menumbuhkan rasa pede.

Selain wanginya yang tahan lama, Fres & Natural Dessert Collection di-klaim juga tidak menimbulkan iritasi di kulit dan tidak meninggalkan noda pada pakaian. “Body wash-nya mengandung Vitamin E yang bisa melembapkan dan memberikan nutrisi pada kulit. Tak  hanya dapat membuat wangi tubuh semakin sweet, efek produk ini juga berpengaruh pada rasa percaya diri seseorang, khususnya remaja perempuan,” terang Ibu Merry.

Ia berharap, peluncuran koleksi ini dapat mendukung pembentukan karakter kepribadian anak muda di Indonesia yang senang menyebarkan sesuatu yang positif dan “sweet” kepada lingkungan terdekat, pertemanan, sampai komunitas mereka lewat jaringan media sosial.

This Is Me, Jadilah Diri Sendiri

Kak Janine Intansari, seorang Beauty Influencer adalah satu contoh generasi Z yang tampil percaya diri dan  tampil autentik di media sosial. Dengan rambut dan alis warna-warni, yang sudah menjadi ciri khas-nya, Janine kerap berbagi inspirasi kepada banyak remaja perempuan untuk tampil sweet, berani berekspresi, dan lebih percaya diri melalui channel media sosialnya.

(kiri – kanan) Janine Intansari, Beauty Influencer dan Leoni Sihombing, Chief Community Officer Gadis, turut hadir dalam acara peluncuran Fres and Natural Dessert Collection, Kamis (24/06)

“Tampil sedikit beda itu tidak apa-apa, yang penting adalah ‘be yourself’. Jadilah diri sendiri yang tidak merugikan orang lain, selalu berpikir dan bertindak positif. Penting banget untuk membangun karakter sweet, kita tak perlu membalas dengan perlakuan serupa terhadap orang-orang yang berperilaku buruk kepada kita,” ujarnya santai.

Untuk semakin menambah hype dari peluncuran rangkaian produk terbaru ini, Fres & Natural Dessert Collection membawa aroma macaron dan cupcake tersebut ke dalam sebuah dessert nyata bernama Pink Cupcake dan Berry Macaron, dengan berkolaborasi bersama bakery shop, Colette Lola. Varian rasa kolaborasi ini bisa didapatkan diseluruh outlet Colette Lola mulai dari tanggal 25 Juni-25 Agustus 2021.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *