Senang sekali melihat senyum terpancar dari wajah bahagia teman-teman kita yang harapannya diwujudkan oleh McDonalds Indonesia, ya, Kids.

Melalui kampanye Rayakan Harapan, McDonald’s mengadakan beberapa program dalam menyambut tahun yang baru diantaranya; Rayakan Harapan Bersama 8 (delapan) Panti Asuhan bekerjasama dengan Food Cycle yang diadakan saat Hari Natal, mengajak para pecinta menu Prosperity untuk berbagi harapan bersama Yayasan Ronald McDonald House Charities (YRMHC) serta mengadakan program mewujudkan harapan konsumen melalui program tahunan McDonald’s yaitu Rayakan Harapan 4.

Dimulai dengan program terbaru dari McDonald’s yaitu merayakan harapan bersama anak-anak yang berasal dari 8 Panti Asuhan yaitu Yayasan KDM (Kampus Diakonia Modern), Panti Asuhan Rumah Shalom, Panti Asuhan Anak Berkat, Panti Asuhan Benih Iman Tunas Bangsa, Panti Asuhan Talenta Kasih, Panti Asuhan Berkat Kasih Immanuel, Kemah Beth Shalom & Panti Asuhan Tanjung Barat.

Kegiatan Rayakan Harapan ini diadakan bersamaan dengan perayaan Hari Natal yang dimeriahkan oleh Ronald McDonald dengan membacakan cerita fabel bertema ‘selalu bersyukur dalam segala keadaan’. Mengajarkan anak-anak bahwa kekurangan yang dimiliki bukan sebagai penghalang namun menjadi suatu kelebihan untuk membantu sesama. Dan untuk menghibur anak-anak panti asuhan, beberapa permainan sulap juga ditampilkan. Pada kegiatan ini anak-anak diajak untuk mengisi kertas Rayakan Harapan dan telah terpilih 3 harapan yang kemudian diwujudkan oleh McDonald’s, yaitu:

  1. Rafael Sun dari Panti Asuhan Rumah Shalom yang memiliki harapan memiliki bola basket original untuk olahraga di panti
  2. Christo Julio dari Panti Asuhan Tanjung Barat yang ingin punya jam beker agar tidak bangun terlambat
  3. Juan Carlos dari Panti Asuhan Berkat Kasih Immanuel dimana punya harapan memiliki gitar dengan kualitas baik untuk pelayanan

Untuk diketahui, setiap pergantian tahun, McDonald’s selalu menawarkan pilihan menu Prosperity yang kehadirannya terus ditunggu para konsumen setia. Peluncuran menu Prosperity sendiri sudah dimulai sejak 17 Desember 2020 lalu dengan kembali menghadirkan Beef Prosperity Burger serta varian baru yaitu Fish Prosperity Burger dan Golden Mayo Cheese Steak Burger pada 4 Januari 2021.

Pesan yang disampaikan pada peluncuran Prosperity  kali ini adalah kembali rayakan harapan. McDonald’s juga mengadakan Program Berbagi Bersama YRMHC yang telah dilaksanakan pada 21 Desember 2020 – 3 Januari 2021. Program tersebut merupakan inisiatif McDonald’s untuk mendonasikan hasil dari setiap penjualan satu Beef Prosperity Burger sebesar Rp 2,000 untuk membantu pembangunan Ronald McDonald House Denpasar, Bali. Selama periode program ini jumlah donasi yang terkumpul ialah Rp508,464,000 yang diberikan langsung kepada YRMHC untuk menyelesaikan pembangunan Ronald McDonald House Denpasar dimana akan digunakan sebagai rumah singgah yang diperuntukkan bagi keluarga dan pasien anak dengan penyakit kronik yang sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit di Denpasar.

Rayakan Harapan 4

Tak hanya itu, McDonald’s Indonesia juga kembali mengadakan program Rayakan Harapan untuk keempat kalinya. Berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, pada Program Rayakan 4 ada lebih banyak harapan yang diwujudkan oleh McDonald’s yaitu sebanyak 4 pemenang serta dalam penentuan pemenang, juga dilibatkan komentar dan penilaian dari netizen. Dengan mengusung tema yang sama seperti tahun sebelumnya, McDonald’s mengajak konsumen untuk merayakan harapan mereka di tahun yang baru. Melalui foto yang diunggah di sosial media masing-masing, konsumen dapat menceritakan harapannya di tahun 2021 dengan menggunakan hashtag #RayakanHarapan4.

Adapun mekanisme kompetisi ini ialah, konsumen mengunggah foto harapan yang diinginkan di sosial media, contohnya harapan ingin membantu usaha ayah agar mempunyai alat penekuk besi untuk usaha pajangan pot besi, maka foto yang diunggah adalah foto sang ayah dengan hasil karya pajangan pot besi, lalu beri keterangan foto mengenai harapan tersebut serta mention ke @McDonaldsID dan beri hashtag #RayakanHarapan4.

McDonald’s kemudian memilih 2 nominator yang fotonya ditampilkan di Instagram resmi McDonald’s untuk dapat dipilih langsung oleh para netizen. Harapan dengan like dan komentar terbanyak, terpilih menjadi pemenang dan harapannya diwujudkan oleh McDonald’s.

“Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh  dengan kejadian di luar dugaan karena pandemi Covid-19, dimana semua orang harus melakukan penyesuaian. Karenanya, McDonald’s memutuskan untuk kembali mengadakan program Rayakan Harapan untuk memberikan harapan kepada konsumen agar menjadi lebih baik lagi di tahun yang baru.  Program Rayakan Harapan 4 telah berjalan sejak tanggal 21 Desember 2020 dan kami telah memilih total dua pemenang untuk 2 periode. Kami berharap dengan program ini dapat membantu memberi semangat kepada masyarakat, khususnya konsumen McDonald’s agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi situasi seperti saat ini,” ujar Ibu Caroline Kurniadjadja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.

Periode pertama dan kedua dari kompetisi Rayakan Harapan 4 telah dilaksanakan dan telah terpilih satu pemenang, pada periode satu yaitu Irma Rahmawati yang ingin mewujudkan impian ayahnya untuk memiliki alat penekuk besi agar memudahkan usaha baru ayahnya yang sebelumnya telah merugi akibat pandemi. Selanjutnya, untuk periode kedua telah terpilih Putri Maulani Haqy, yang memiliki harapan untuk memiliki alat bantu jalan sekaligus penyangga lengan untuk anaknya yang memiliki penyakit cerebral palsy dengan flat shoes.

Mereka yang terpilih juga didukung oleh para netizen yang memberikan dukungan melalui kolom komentar dan juga like di akun Instagram resmi McDonald’s Indonesia. Karenanya, partisipasi dari para netizen sangat dibutuhkan untuk membantu mewujudkan harapan para nominator. McDonald’s berharap akan ada harapan-harapan menginspirasi yang datang dari para konsumen dan tentunya dapat dibantu untuk diwujudkan oleh McDonald’s di tahun 2021.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *