DENPASAR, majalahjustforkids.com – Rona bahagia terpancar dari raut wajah anak-anak yang berada di Ronald McDonald House Denpasar pada Senin, 22 Agustus 2022 lalu. Ya, Rumah Singgah ketiga dari Yayasan Ronald McDonald House Charities yang berlokasi di Jl. Diponegoro gang Pertani, Denpasar tersebut merayakan hari ulangtahun pertamanya.

Keluarga pasien beserta pengurus RMH Denpasar merayakan dengan kegiatan syukuran dan kelas memasak “Tumpeng” yang dipandu oleh berbagai komunitas sosial dan kemanusiaan di Denpasar. RMH Denpasar merupakan rumah sementara bagi keluarga pasien anak yang sedang menjalani perawatan di beberapa Rumah Sakit, yaitu RSUP Prof Ngoerah, RSUD Bali Mandara, RSU Prima Medika, dan RSU Surya Husadha.

Ronald McDonald House Denpasar memiliki 25 kamar dengan fasilitas AC di setiap kamar, entertainment room, ruangan makan yang nyaman, ruangan keluarga di lantai 1 sampai lantai 3 dengan layar televisi yang nyaman, laundry area, ruangan dapur dengan fasilitas lengkap, toilet dan shower di berbagai koridor lantai dan rooftop dengan taman kecil.

Kegiatan yang dilakukan seperti belajar bersama untuk para pasien anak, psikoterapi, edukasi kesehatan, kelas memasak, kelas potong rambut, dan lain-lain. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan kepada keluarga pasien anak saat menjalani rutinitas pengobatan di Rumah Sakit.

Kriteria pasien anak dan keluarganya yang dapat tinggal di RMH Denpasar yaitu, jarak rumah dengan Rumah Sakit lebih dari 20 KM, tidak menderita penyakit menular, pasien berusia 0-17 tahun, dan melampirkan persyaratan seperti form assessment yang telah ditandatangani oleh Kepala Ruangan atau Dokter bertanggungjawab, KTP pendamping dewasa, Kartu Keluarga, kartu pasien rumah sakit mitra, serta kartu vaksin. Biaya akomodasi selama tinggal di Ronald McDonald House diberikan secara cuma-cuma atau gratis bagi pasien dan keluarganya yang dapat melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Ketua Yayasan RMHC, Caroline Djajadiningrat menyampaikan, “Harapan kami, rumah singgah ini dapat semakin memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia yang sedang membutuhkan, khususnya bagi keluarga pasien atau orangtua yang sedang menemani buah hatinya dalam masa pengobatan di berbagai Rumah Sakit di Denpasar. Khusus pada perayaan ulangtahun pertama RMH Denpasar ini, kami mengambil tema Harmoni Kekeluargaan yang bermakna keharmonisan kekeluargaan diciptakan dan diupayakan baik oleh masing-masing keluarga pasien yang tinggal, para relawan, dan tentunya oleh para pengurus rumah singgah kami, agar tercipta suasana yang nyaman bagi semua.”

“Saya sangat bersyukur, bisa tinggal di sini. Awalnya, belum ada yang kenal, tapi setelah disini beberapa lama, kami seperti menemukan saudara di rumah ini,” ungkap Bapak Nengah Parsa dari Karangasem yang anaknya sedang dirawat di RSUP Prof Ngoerah sejak Juni 2022.

Rumah singgah Ronald McDonald House Denpasar akan semakin nyaman dengan rasa persaudaraan yang erat dan keharmonisan antar keluarga yang tinggal bersama disini. Hari ini, para pasien anak yang mengikuti kegiatan terlihat sangat senang, sementara para orangtua serta relawan bersemangat memasak dan membuat tumpeng bersama yang diakhiri dengan santap siang bersama.

Kehangatan keluarga yang tinggal di rumah singgah Yayasan RMHC – Ronald McDonald House Denpasar begitu terasa meskipun mereka berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *