Tak terasa, Mothercare telah hadir selama 17 tahun di Indonesia.  Selama perjalanannya, pelopor merek ritel spesialis ibu dan anak tersebut terus setia mendampingi orangtua dalam mengasuh anak sejak dalam kandungan.

Melengkapi keseruan perayaan HUT ke-17 Mothercare, serta turut bertambahnya usia Modern Parent by Mothercare menjadi 2 tahun, perayaan hari jadi keduanya tahun ini dimeriahkan di momen World Breastfeeding Week 2022. Momen ini mempertegas dukungan Mothercare kepada para Moms dan calon Moms yang akan dan sedang menyusui buah hatinya.

Dituturkan oleh  Ingga Gloriana, General Manager Mothercare Indonesia, sepanjang 17 tahun kehadiran Mothercare di Indonesia, mengalami banyak sekali suka cita. “Di Indonesia, Mothercare sudah berusia 17 tahun, sementara di United Kingdom atau Inggris Raya, Mothercare sudah berusia 62 tahun. Tentunya lebih banyak sukanya yang kita alami. Karena di sini, kami bisa menempatkan diri sebagai partner dari para orangtua. Kalau zaman dulu, misalnya waktu saya pertama kali menjadi ibu, referensi soal mengasuh biasanya didapatkan dari orangtua kita sendiri. Namun, sekarang  ini, para millenial Moms bisa mendapatkan sumber informasi dari mana saja. Itu juga yang kami inginkan, salah satunya melalui blog Mothercare yakni Modern Parent, wadah informasi ini bisa membantu para orangtua, khususnya the new parents,” ujar Ibu Ingga dalam acara perayaan HUT ke-17 dan talkshow Mothercare di Hotel Pullman Jakarta Central Park, hari ini (01/08).

(kiri – kanan) Astari Poetri (perwakilan dari Modern Parent), Lee Anthony Rance (General Manager Operations Mothercare and Early Learning Centre Kanmo Group),  Ingga Gloriana (General Manager Mothercare Indonesia) dan dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC, CIMI (Dokter Spesialis Anak dan Konselor Laktasi RS Pondok Indah – Puri Indah) dalam acara perayaan HUT ke-17 Mothercare Indonesia, hari ini (01/08/22)di Jakarta

Salah satunya seperti yang terlihat dalam momen perayaan HUT ke-17, Mothercare turut menyuarakan pentingnya gerakan menyusui.  Diutarakan oleh Astari Poetri, perwakilan dari Modern Parent, banyak anak kehilangan hak pertamanya yakni menyusui. “Dari tahun 2016, ada studi dari Universitas Indonesia, menyatakan bahwa sekitar 40 persen anak tidak mendapatkan ASI Eksklusif. Tidak itu saja, data dari WHO sepanjang rentang tahun 2016 – 2020 hanya 44 persen bayi usia 0 sd 6 bulan yang mendapatkan ASI eksklusif. Untuk itu, kami dari Modern Parent berusaha untuk terus menyuarakan pentingnya menyusui dengan secara konsisten memberikan informasi seputar menyusui,” katanya.

Pentingnya menyusui, dipertegas pula oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC, CIMI yang turut hadir dalam kesempatan tersebut. Dokter Spesialis Anak dan Konselor Laktasi RS Pondok Indah – Puri Indah tersebut menyatakan bahwa menyusui bukan hanya sebatas memberikan air susu ibu saja, tetapi merupakan salah satu bentuk ikatan pertama antara ibu dan anak.

“WHO mencanangkan bahwa bayi bisa diberikan ASI sampai usia 6 bulan secara eksklusif, tanpa tambahan apapun. Sesudah usia 6 bulan, bayi mendapat makanan pendamping ASI dan selanjutnya sesudah berusia 1 tahun diberikan makanan dengan pola makan keluarga,” buka dr. Jeanne.

Ia menyatakan bahwa ada kelebihan ASI yang tidak ditemukan dalam susu formula. “ASI memberikan kenyamanan dan rasa aman untuk keluarga dan menjaga kesehatan ibu serta anak dalam jangka panjang. Banyak manfaat yang bisa didapat ibu dan anak saat pemberian ASI, seperti ASI memberikan antibodi yang dapat mencegah anak dari berbagai kemungkinan penyakit dan infeksi, ASI lebih mudah dicerna, ASI membuat anak cerdas dan berefek positif pada kemampuan kognitif anak,” katanya.

Lebih lanjut dr. Jeanne menegaskan bahwa dalam masa menyusui, penting bagi para ibu untuk mendapatkan dukungan/support system yang baik demi mempermudah ibu saat memberikan ASI, serta memberikan kenyamanan optimal bagi anak saat menyusu. “Bahkan, meski pandemi COVID-19 masih berlangsung, apabila ibu terinfeksi sekalipun, tetap masih bisa memberikan ASI baik secara langsung atau melalui ASI perah, tentunya dengan melakukan protokol kesehatan yang tepat,” urai dr. Jeanne.

Melengkapi keseruan 17 tahun usia Mothercare sekaligus menyatakan dukungannya kepada gerakan menyusui, Ingga Gloriana mengatakan, “Di bulan Agustus ini, kami menyertakan tema menyusui di gerai-gerai Mothercare untuk sekaligus merayakan “World Breastfeeding Month”. Lalu, pada tanggal 11 – 20 Agustus 2022 kita akan merayakan Hari Kemerdekaan RI, jadi akan ada Indonesia Great Sale di seluruh Indonesia. Tentunya Mothercare juga akan berpartisipasi dengan menghadirkan ragam promo,” ujarnya.

Penyerahan token apresiasi dari Mothercare Indonesia kepada Sdri. Unai Yati dari Mothercare Senayan City

Momen perayaan 17 tahun Mothercare di Indonesia serta 2 tahun Modern Parent, turut dimeriahkan dengan adanya pemberian token apresiasi pertama kalinya kepada 3 Mothercare Specialist terpilih, yang telah loyal kepada Mothercare dan membantu pelanggan setia dalam memilih produk terkait persiapan dan perawatan anak sejak lahir. Token apresiasi ini diberikan kepada Sdri. Unai Yati dari Mothercare Senayan City, Sdri. Meilita Candra Aviana dari Mothercare Tunjungan Plaza, dan Sdri. Pujiati dari Mothercare Galaxy Mall.

“Saat ini, Mothercare sudah memiliki 52 gerai di 16 kota di Indonesia. Ke depannya, tentu saja kita akan memperluas jangkauan dengan menambah gerai lagi di kota-kota lainnya sehingga bisa menjangkau seluruh kota di Indonesia. Kami berharap, Mothercare dan Modern Parent bisa terus menjadi referensi bagi orangtua baru dan senantiasa bermanfaat di kemudian hari,” imbuh Ingga.

Perayaan HUT ke-17 Mothercare tersebut kemudian ditutup oleh dr. Jeanne yang dengan lantang mengajak para hadirin untuk mendukung gerakan menyusui. “Ayo, seluruh calon ibu maupun yang sudah menjadi ibu. Bersama kita dukung pentingnya menyusui dengan katakan “ASI YES, Menyusui BISA!” tutupnya.

Foto: Efa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *