JAKARTA, majalahjustforkids.com – Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional, Mama’s Choice menyelenggarakan Bunbun Story Playdate 2022 yang dilaksanakan di Kindy Cloud Pejaten Terrace, Jakarta Selatan. Bunbun Sensory Playdate merupakan acara temu main bertemakan Dunia Bunbun, di mana Mama dan bayi dapat saling berinteraksi. Acara ini merupakan bentuk kepedulian dari Mama’s Choice untuk para Mama dan Si Kecil, yang mengalami keterbatasan interaksi dengan teman sebayanya akibat pandemi. Dari hasil penelitian Mama’s Choice terhadap dua ratus lima puluh ibu, 38 persen mengaku tidak pernah mengajak anaknya bermain di masa pandemi, dan 43 persen mengatakan hanya 1-2 kali.

Menurut Psikolog Ibu Chitra Annisya, faktanya stimulasi sosial bagi anak seperti playdate sangat penting untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi anak balita. “Anak-anak yang lahir pada saat pandemi jarang berinteraksi sosial selain dengan keluarga inti, sehingga ketika berada di keramaian atau saat bertemu kakek-nenek, mudah menangis. Karena tidak terbiasa, merasa tidak nyaman.” ujarnya.

Selain stimulasi berupa interaksi sosial, anak juga memiliki kebutuhan yang lain untuk menunjang perkembangan kognitif di periode emasnya, yaitu sensory play. Ibu Chitra Annisya mengungkapkan, anak usia 0 hingga 3 tahun membutuhkan stimulasi yang konkret atau nyata, dan tidak bisa didapatkan melalui gadget. Kebutuhan anak terhadap sensory play ini juga berbeda-beda, jadi harus disesuaikan dengan karakter anak.

Dunia Bunbun sebagai sarana untuk sensory play
Dunia Bunbun sendiri adalah maskot milik Mama’s Choice yang muncul bersama dengan Mama’s Choice Baby Series sejak tahun 2020. Karakter yang kerap muncul dalam kemasan produk juga memiliki latar belakang cerita yang kini diwujudkan dalam beragam format edukatif, seperti buku cerita, video, dan flash card yang bisa diunduh secara gratis di mamaschoice.id/duniabunbun untuk menunjang sensory play anak.
Ibu Maureen Maria selaku Brand Category Manager Mama’s Choice mengungkapkan bahwa melalui Bunbun, Mama’s Choice ingin dapat lebih akrab dengan Mama dan Si Kecil. Selain itu, melalui merchandise dan konten edukasi, Bunbun bisa menjadi sarana bonding antara Mama dan buah hati. “Aku sering menyelipkan stimulasi dalam aktivitas sehari-hari di rumah, misalnya saat mandi. Nah, karakter Bunbun di produk perawatan bayi Mama’s Choice bisa jadi bahan aku bercerita kepada anak, misalnya, wah Bunbun juga suka mandi nih. Dan sebagainya,” ungkap Mom Caca Tengker.

Dalam memperkenalkan Dunia Bunbun, tahun ini Mama’s Choice juga merilis episode ketiga dan keempat Buku Cerita Anak Dunia Bunbun. Harapannya dengan membaca buku cerita, para Mama dapat mengajari anak-anak berbagai nilai penting dan kebiasaan baik. Selain itu, Mama’s Choice juga memberikan bentuk edukasi dengan menyediakan poster cetak dan animasi video dari Dunia Bunbun yang dapat diakses melalui social media Mama’s Choice. “Terima kasih untuk antusias para Mama yang sudah hadir bersama Si Kecil, semoga Dunia Bunbun berkesan dan mendapat tempat di hati Mama dan juga Si Kecil. Sampai jumpa di acara bertemakan Dunia Bunbun yang akan datang,” ujar Ibu Maureen.

(Foto : Ist)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *