Tana Toraja merupakan salah satu daya tarik wisata paling populer di Provinsi Sulawesi Selatan. Di sini kamu dapat menikmati kebudayaan khas Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dengan budaya khas Austronesia asli.

Rambu Solo adalah upacara adat kematian masyarakat Toraja. Tujuannya, untuk menghormati dan menghantarkan arwah orang yang sudah meninggal, menuju alam roh. Yaitu kembali kepada keabadian bersama para leluhur mereka di sebuah tempat peristirahatan.

Upacara ini sering juga disebut upacara penyempurnaan kematian. Sebab, orang yang meninggal, baru dianggap benar-benar meninggal setelah seluruh prosesi upacara ini digenapi.

Dianggap Masih Hidup

Jika prosesi upacara pemakaman ini belum selesai, maka orang yang meninggal tersebut hanya dianggap sebagai orang sakit atau lemah. Sehingga mereka tetap diperlakukan seperti halnya orang hidup, Kids. Misalnya, mereka dibaringkan di tempat tidur dan diberi makanan dan minuman. Bahkan, keluarga mereka juga mengajak berbicara setiap hari. Hiii…

Proses Pemakaman

Acara puncak dari upacara pemakaman ini dilakukan di sebuah lapangan khusus. Dalam upacara ini terdapat beberapa rangkaian ritual, mulai dari proses pembungkusan, pembubuhan ornamen dari benang emas dan perak pada peti, penurunan jenazah ke lumbung untuk disemayamkan, dan proses pengusungan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir.

======

Yang Khas dari Suku Toraja: 

Provinsi: Sulawesi Selatan

Rumah Adat: Tongkonan

Kesenian: Ukiran

Pakaian Adat: Seppa Tallung Buku

 

 

Teks: JFK     Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *