Mempertahankan konsentrasi kerap kali menjadi tantangan tersendiri dalam proses belajar mengajar. Hal ini semakin terasa dengan beralihnya pembelajaran secara online dari rumah yang berpotensi menambah berbagai pengalihan konsentrasi belajar.

Jika konsentrasi rendah, maka keseriusan belajar dapat terganggu, sehingga daya pemahaman terhadap materi pun menjadi berkurang. Tidak hanya itu, sebuah studi yang dilakukan oleh University of California menunjukkan bahwa kemampuan konsentrasi pada usia dini tak hanya dapat meningkatkan capaian belajar dengan lebih baik, namun juga berkontribusi pada kesuksesan hidup di masa depan.

Farhan Jijima yang merupakan bagian dari Ruangguru Squad, memiliki cara sendiri dalam menjaga konsentrasinya dalam belajar. Cara uniknya dalam menjaga konsentrasi belajarnya ini, bahkan dapat mengantar dirinya masuk ke Institut Pertanian Bogor jurusan teknik sipil. Tidak hanya itu, CEO dari Cetak Kreator ini, ternyata juga meraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi di SMAN 3 Tangerang Selatan. Gimana, ya, menjaga konsentrasi ala Farhan Jijima? Yuk, langsung simak tips berikut!

Singkirkan Segala Bentuk Distraksi 

Belajar dengan posisi di kasur, meja yang berantakan, atau notifikasi handphone kita adalah beberapa contoh bentuk distraksi yang dapat memengaruhi konsentrasi belajar. Sebelum memulai sesi belajar, pastikan kita berada di lingkungan yang nyaman. Perhatikan posisi belajar, rapikan meja serta menonaktifkan notifikasi handphone yang tidak memiliki kaitan dengan proses belajar dapat menjaga konsentrasi kita, sehingga belajar bisa lebih efektif.

Lakukan Berbagai Variasi Belajar agar Tidak Mudah Bosan

Dalam satu sesi belajar, sebaiknya divariasikan dengan berbagai hal misalnya, menonton video belajar, kemudian dapat diselingi dengan membaca buku. Kemudian di sesi berikutnya kita bisa juga menggunakan metode latihan soal atau bisa juga lakukan sesi diskusi dengan teman sehingga belajar bisa menjadi lebih interaktif.

Konsentrasi Tidak Lebih dari 20 Menit

Salah satu cara unik Farhan Jijima  dalam menjaga konsentrasinya adalah dengan cara belajar tidak lebih dari 20 menit. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh Pusat Neurosains Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), ternyata menyebutkan bahwa otak manusia nyatanya hanya bisa berkonsentrasi selama 20 menit saja. Hal ini yang akhirnya memunculkan ide pola belajar baru Farhan. Idealnya, dalam sehari Farhan menghabiskan waktu 60 menit untuk belajar. 60 menit ini kemudian ia bagi di pagi, sore, dan malam hari. Sehingga masing-masing sesi belajar memakan waktu tidak lebih dari 20 menit. Menurutnya pola belajar ini sangat membantu pola belajarnya menjadi lebih efektif dan tidak membosankan.

Nah, itu dia beberapa tips menjaga konsentrasi ala Farhan Jijima. Menurut Farhan, salah satu keuntungan belajar di masa sekarang adalah adanya berbagai pilihan metode dan platform belajar yang dapat membantu konsentrasi lebih terjaga karena adanya variasi belajar yang tidak membosankan capaian belajar kita. Salah satu platform belajar yang Farhan gunakan adalah Brain Academy Online. Dengan berbagai fasilitas seperti live teaching bersama Star Master Teacher, klinik PR, konseling privat online, modul belajar lengkap, serta berbagai fitur lainnya, mampu meningkatkan efektivitas belajarnya. Yuk, temukan cara belajar interaktif dan anti bosan di www.brainacademy.id/online

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *