Wah Kids, bagaimana puasanya? Masih lancar, kan? Bagi yang sudah dewasa, di bulan Ramadan diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh. Nah, untuk teman-teman yang belum akil baligh (dewasa dalam Islam) memang belum diwajibkan untuk berpuasa. Walaupun belum diwajibkan berpuasa, kalian juga boleh, kok, ikutan berpuasa. Selain menahan lapar dan haus, puasa juga mengajarkan kita untuk menahan emosi. Ternyata, puasa banyak sekali manfaatnya, lho, Kids!  

Usia Berpuasa

Saat usia kita menginjak 3-5 tahun, sudah boleh diperkenalkan dengan puasa. Mengingat kondisi fisik yang belum kuat betul, boleh saja berpuasa seperempat atau setengah hari. Bila sejak umur 3-5 tahun sudah terbiasa dikenalkan dengan puasa, maka saat usia 6 tahun mungkin sudah kuat berpuasa penuh. Wah, hebatnya! Namun, karena puasa belum merupakan kewajiban, maka bila tidak kuat, sebaiknya tidak dipaksakan.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berpuasa tentunya makanan yang bergizi. Agar teman-teman kuat berpuasa sampai sore, saat sahur dianjurkan untuk mengonsumsi banyak serat, seperti sereal, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Supaya tubuh tidak cepat merasa lapar, disarankan mengonsumsi protein tanpa lemak, seperti susu dan telur. Hindari makanan yang mengandung banyak garam, karena akan membuat kita cepat merasa haus. Kurangi makanan bergula saat sahur, karena hanya akan menambah nafsu makan kita.

Saat yang dinantikan adalah ketika berbuka puasa. Makanan 4 sehat 5 sempurna sangat dianjurkan agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa kembali tercukupi, tapi, jangan sampai makan berlebihan, ya! Karena malah akan mengganggu pencernaan kita, bisa-bisa kamu mengalami perut kembung dan gangguan pencernaan. Jangan lupa perbanyak minum, seperti air putih, jus buah atau susu, agar cairan dalam tubuh tetap terjaga.

Penyakit Maag

Bagi kalian yang memiliki penyakit maag, namun tetap bersemangat untuk latihan puasa, jangan sedih! Ada siasat untuk menghindari kambuhnya maag tersebut.  Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti makanan pedas dan asam. Makanlah secara perlahan agar tubuh mempunyai waktu untuk mencerna makanan dengan baik.

Setelah makan sahur sebaiknya jangan langsung tidur, karena jika kita langsung tidur, makanan dari lambung akan naik ke kerongkongan dan membuat kita merasa mual. Saat berbuka puasa, usahakan makan makanan ringan terlebih dahulu seperti buah-buahan. Kamu juga boleh minum susu, tapi sebaiknya minum air putih terlebih dahulu.

Manfaat Puasa

Puasa sangat baik bagi tumbuh kembang. Puasa bermanfaat menyeimbangkan fungsi tubuh, terutama sistem pencernaan. Dengan berpuasa, tubuh mengalami detoksifikasi dan membuang racun-racun dalam tubuh serta membersihkan saluran pencernaan. Puasa juga membuat kita mengurangi jajanan yang tidak sehat, karena setiap sahur dan berbuka kita akan makan masakan Mama yang enak dan tentunya bergizi.

Tidak hanya untuk tubuh, puasa dapat melatih teman-teman untuk mengendalikan emosi, dan melatih kesabaran, karena harus menahan lapar dan haus dalam waktu tertentu. Teman-teman juga diajarkan untuk menghargai makanan, karena sudah merasakan bagaimana laparnya ketika berpuasa. Selama bulan Ramadan teman-teman juga dapat menjalankan ibadah lain selain berpuasa, seperti mengaji dan shalat Tarawih berjamaah.

——

Tips Agar Kuat Berpuasa

Makan makanan seperti yang dijelaskan sebelumnya, karena dengan cukup gizi, kita akan mampu menahan lapar dan haus selama 12 jam berpuasa.

Agar pikiran kita tidak terfokus dengan rasa lapar, sebaiknya kita melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti mengikuti kegiatan pesantren kilat, atau membuat kerajinan tangan yang dapat mengalihkan perhatian kita terhadap rasa lapar.

Kurangi kegiatan fisik yang menguras tenaga dan menyebabkan rasa lapar dan haus. Bila ingin melakukan kegiatan tersebut, sebaiknya mendekati jam berbuka, agar kita tidak menahan haus dan lapar terlalu lama.

Jangan lupa membaca niat sebelum memulai puasa, ya! Karena dengan membaca niat, kita akan ingat bahwa dengan menjalankan ibadah puasa ini, kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Jadi semangat, deh, puasanya.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *