Melonjaknya kasus penularan Covid-19 pada kelompok usia anak tentu menjadi perhatian kita bersama. Selain dengan tegas menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menerapkan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilitas), mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan asupan yang lebih sehat penting untuk dilakukan – sebagai pertahanan dasar untuk memperkuat daya tahan tubuh dari dalam.

Di tengah tantangan pandemi seperti saat ini, pembatasan mobilitas pada anak guna mencegah penyebaran virus nyatanya bukan tanpa tantangan. Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan, “Selama masa pandemi, 3 masalah kesehatan yang kerap ditemui pada anak, khususnya di usia sekolah dasar di antaranya: 1) Rendahnya paparan sinar matahari sehingga anak akan rentan defisiensi vit D3; 2) Kurang gerak, sehingga berisiko kelebihan berat badan; 3) Konsumsi jajanan minim protein, vitamin dan mineral. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan, mengingat defisiensi protein dan vitamin D3 menjadi salah satu penyebab imunitas turun, sehingga anak mudah terpapar virus berbahaya. Selain dengan mengonsumsi gizi seimbang, aktif bergerak, dan mendapatkan paparan sinar matahari, pemilihan asupan tambahan atau jajanan yang kaya protein dan vitamin D, menjadi solusi yang penting dilakukan. Sebagai salah satu sumber asupan yang kaya akan protein dan sumber vitamin D, susu memberikan manfaat yang dibutuhkan tubuh anak, untuk dapat bertahan dalam situasi pandemi seperti saat ini.”

Ditambahkan Dr. Rita, kehadiran produk dengan kandungan gula, garam dan lemak yang aman, dan  telah mendapatkan label pilihan lebih sehat, dapat memudahkan orang tua dan anak dalam memilih asupan atau jajanan yang lebih baik. “Terkait perlindungan kesehatan pada anak, penerapan protokol kesehatan yang ketat, dan mengonsumsi pilihan lebih sehat adalah keharusan, no debat!” imbuh Dr. Rita. Ia juga menghimbau kepada orang tua untuk juga memberikan edukasi pada anak tentang cara memilih jenis asupan yang baik bagi tubuh, dimulai dari memperhatikan logo dan informasi gizi yang tertera pada kemasan.

Setelah sebelumnya hadir pada rangkaian susu siap minum Purefarm dalam berbagai ukuran dan rasa, kali ini, FFI menerapkan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada produk siap konsumsi FF Milky ukuran 115ml dan 180ml yang hadir dalam varian rasa cokelat dan stroberi yang nikmat dengan karakter Zuzhu dan Zazha yang disukai anak-anak. Produk yang mendapatkan logo ini berarti telah memenuhi persyaratan dari BPOM terkait kandungan gula, garam, dan lemak yang lebih sehat dari produk lain tanpa logo centang hijau, dan aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Kehadiran logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ juga memudahkan orang tua dalam mengedukasi anak tentang cara mudah memilih asupan yang lebih sehat sejak dini.

Menghadirkan kemudahan bagi masyarakat luas, FFI juga bekerjasama dengan Alfamart dalam memberikan akses terhadap produk susu yang lebih sehat untuk anak, serta menginisiasi program berbagi gizi untuk ratusan ribu anak Indonesia. “Selama periode 16 Juli – 15 Agustus 2021, setiap pembelian 3 kotak Frisian Flag Milky 115ml (varian apa saja) di Alfamart, masyarakat secara otomatis telah turut berdonasi 1 kotak susu untuk anak Indonesia yang kurang beruntung, ” terang Bapak Ryan Alfons Kaloh, Marketing Director Alfamart.

“Kami berharap, kemitraan kami dengan Alfamart dapat menjadi langkah positif yang menginspirasi dan menggerakkan lebih banyak orang untuk ikut serta membantu melindungi gizi anak-anak Indonesia. Kami percaya, pemenuhan gizi terbaik pada anak, menjadi modal utama dalam upaya mewujudkan Indonesia yang Sehat, Sejahtera dan Selaras – sesuai dengan visi yang diusung perusahaan Nourishing by Nature,” tambah Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Bapak Andrew F. Saputro.

 (Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *