Pernahkah kamu memperhatikan permukaan daun di pagi hari? Kamu akan melihat ada bintik-bintik air di atasnya. Itulah yang disebut embun. Teman-teman pasti penasaran, bagaimana, sih, proses terjadinya embun?

Dalam kamus bahasa, embun itu diartikan sebagai titik-titik air yang jatuh dari udara pada malam hari. Secara umum, embun dapat diartikan sebagai uap air yang mengalami proses pengembunan yaitu proses berubahnya gas menjadi cairan. Embun yang berupa bintik-bintik air sering ditemukan pada daun-daun, rumput, dan, permukaan benda.

Embun terbentuk saat udara yang berada di dekat permukaan tanah menjadi dingin, mendekati titik dimana udara tidak dapat menahan lagi semua uap air. Berlebihnya uap air itu kemudian berubah menjadi embun di atas benda-benda di dekat tanah.

Kapan Terbentuknya?

Setiap hari, benda-benda akan menyerap panas matahari. Namun pada malam hari, benda-benda tersebut akan kehilangan panasnya melalui suatu proses yang disebut radiasi termal.

Embun dapat terbentuk jika pada malam hari cerah dan tenang. Juga dapat terbentuk ketika kelembapan tinggi. Pada siang hari embun akan hilang karena menguap terkena sinar matahari. Begitulah, embun akan terjadi setiap hari terus menerus dan takkan pernah habis.

Embun Sebagai Obat

Selain menjadi bagian dari proses alam, embun ternyata memiliki banyak manfaat. Khususnya bagi kesehatan tubuh. Meminum embun dapat menurunkan berat badan, meningkatkan keinginan minum setiap hari, menangani gangguan sirkulasi darah, pengencer darah, melancarkan BAB (Buang Air Besar), menangkal gangguan pada jantung, dan pembuluh darah di seluruh tubuh.

Bahkan sekarang Badan Litbangkes Kemenkes (Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan) bekerja sama dengan perusahaan air mineral kemasan, menciptakan air embun dalam botol. Air minum embun dalam botol (purence dew drinking water) ini dihasilkan dari kelembapan udara dengan teknologi syatemized dew process (SDP). (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *