Pelajaran matematika kerap dianggap ‘momok’ bagi sebagian siswa. Sulit dan rumitnya mengerjakan soal-soal matematika, makin membuat anak-anak enggan mempelajarinya. Tapi, dengan mengikuti program pembelajaran ini, belajar matematika menjadi mudah. Tak hanya itu saja, kalian juga diajarkan pendidikan moral lho Kids.

Perusahaan pendidikan terkemuka asal Jepang Gakken Holdings Co., Ltd. melalui anak perusahaannya, Gakken Educational Co., Ltd. memperkenalkan program pembelajaran After-School.
After-School adalah program pembelajaran matematika yang diselenggarakan setelah jam belajar di Sekolah Dasar. Program ini sudah berjalan di seluruh Sekolah Dasar Negeri di Kota Parepare, Propinsi Sulawesi Selatan, dimana memberikan pendidikan yang berkualitas bagi semua anak-anak secara merata, dengan menggunakan materi dan metode pembelajaran “Gakken Classroom” yang telah dikembangkan di Jepang yang terbukti efektifitasnya.
Presiden Direktur dari Gakken Educational Co., Ltd, Toru Tsuchiya mengatakan, Gakken Educational ingin sekali memberikan anak-anak Indonesia 3 filosofi, yaitu Joy of Learning (Kesenangan belajar), Self Confidence (Percaya diri) dan Zest for Living (Semangat untuk terus maju).
“Untuk itu, hal yang penting tidak hanya apa yang kita ajarkan pada anak-anak, tetapi juga bagaimana anak-anak belajar. Pendidikan akan semakin menitikberatkan pada cara belajar dan cara berpikir,” terangnya.

Salah satu contoh Gakken Worksheet.

Pada Juli 2017 sekolah yang menyelenggarakan program After-School bertambah menjadi 8 sekolah dan sejak Januari 2018 ini sudah di seluruh Sekolah Dasar Negeri di Kota Parepare, yakni sebanyak 80 sekolah dengan inisiatif Dinas Pendidikan setempat.
Melalui bahan ajar dan metode Gakken serta bimbingan yang sangat mementingkan “TOKUIKU” (Pendidikan Moral), program After-School telah berhasil meningkatkan kompetensi akademik dasar dan sikap belajar pada banyak anak-anak di Kota Parepare.
Berbagai komentar juga terlontar dari para orangtua siswa dan pihak sekolah bahwa manfaat After-School tidak hanya dalam peningkatan kompetensi akademik siswa-siswi seperti membaca dan berhitung, tetapi juga mencakup kompetensi non-akademik berupa percaya diri, disiplin, semangat belajar dan lain sebagainya.
Cara belajar dari program After School ini adalah siswa-siswi mengerjakan worksheet (lembar kerja) yang berbeda-beda sesuai kompetensi pembelajaran masing-masing. Sensei (guru dalam bahasa Jepang)  memilih worksheet yang sesuai setelah menilai tingkat pemahaman anak. Sensei tidak akan memberitahu jawaban, tetapi memberi pertanyaan dan saran yang membuat anak paham, supaya dia bisa berpikir dan belajar sendiri.

 

You may also like
Latest Posts from

3 Comments

  1. Terima kasih artikelnya sangat bagus.
    Btw,, syarat bisa masuk sekolah nich apa sich ?

    1. Terima kasih atas artikel dan komentarnya.
      Pada Gakken After School, biasanya kami bekerja sama dengan pemerintah daerah yang bersangkutan.
      Apabila ingin informasi lebih lanjut, silakan hubungi ke WA 0812 9805 9767.
      (Gakken Holdings Co., Ltd. Jakarta Representative Office)

  2. Terimakasih sharingnya.
    Btw, pembelajaran “Gakken Classroom” metodenya seperti apa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *