Jadi Juara Nasional, APCA Indonesia Wakili Indonesia di Asian Pastry Cup 2019

Kalau ke kafe atau coffee shop, kamu pasti sering menemukan aneka pastry atau kue-kue yang menggugah selera, bukan? Yups, pastry kini semakin populer di Indonesia seiring bertumbuhnya usaha-usaha kuliner rumahan. Bukan hanya sebagai kudapan penutup atau teman minum teh, namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup bahkan karya seni bagi sebagian orang.

Terbukti dengan banyaknya ajang-ajang perlombaan di bidang pastry, salah satunya yang paling bergengsi adalah World Pastry Cup atau Coupe du Monde de la Pâtisserie yang diadakan dua tahun sekali di Lyon, Prancis. Untuk sampai ke sini, tim pastry Chef yang turut serta harus mengikuti seleksi nasional di negara masing-masing, lalu berlanjut ke tingkat benua yaitu Asian Pastry Cup, sebelum nantinya berlaga di panggung dunia.

4 Menu, 10 Jam

Nah, malam puncak seleksi tingkat nasional bertajuk “Indonesia Pastry Cup 2019” telah berlangsung pada Minggu malam (14/07) di Alam Sutera, Tangerang. Diikuti oleh tiga tim yaitu dari Academy of Pastry and Culinary Arts (APCA) Indonesia, Grand Hyatt Hotel Indonesia, dan Mandarin Oriental Hotel Indonesia. Setiap tim dituntut untuk menyajikan empat menu di antaranya Chocolate Display, Sugar Display, Chocolate Cake dan Plated Dessert. Peserta diberikan waktu selama 10 jam untuk menyelesaikan keempat menu tersebut.

Tim juri yang diketuai oleh MOF Jean-Francois Arnoud (kedua kiri) beserta Ketua Indonesia Pastry Alliance (IPA) Chef Rahmat Kusnedi (kiri), Team Komite IPA Chef I Made Kona (kedua kanan), dan Director of Asian Pastry Cup Chef Vincent Bourdin (kanan) saat menilai karya peserta Indonesia Pastry Cup 2019 di Alam Sutera pada Minggu, 14 Juli 2019

“Ajang Indonesia Pastry Cup diikuti oleh chef profesional di bidang pastry dengan format beregu yaitu dua Chef dalam satu tim yang mewakili sebuah organisasi,” kata Direktur APCA Indonesia, Bapak Louis Tanuhadi.

Penjurian kompetisi Indonesia Pastry Cup 2019 diketuai oleh Pastry Master Chef asal Prancis, Jean-Francois Arnoud yang menerima gelar Meilleur Ouvrier de France (MOF), gelar tertinggi profesi dari pemerintah Prancis.

Sedangkan juri lainnya adalah Ketua Indonesia Pastry Alliance (IPA) Chef Rahmat Kusnedi, Team Komite IPA Chef I Made Kona, dan Director of Asian Pastry Cup Chef Vincent Bourdin.

Juri akan menilai keindahan, teknik, kerapian dan sikap kerja selama pembuatan karya pastry setiap tim. Kriteria penilaiannya adalah 60 persen pada rasa hidangan yang disajikan khususnya pada Chocolate Cake dan Plated Dessert. Sedangkan 40 persen penilaian terletak pada tampilan yang dihasilkan oleh Chocolate Display dan Sugar Display.

APCA Indonesia jadi Juara Nasional

Dan, ajang Indonesia Pastry Cup 2019 kali ini dijuarai oleh tim dari APCA Indonesia yang diwakili oleh Chef Glenn N P Rotinsulu dan Chef Christian Dewabrata S. Kedua Chef muda dari sekolah kuliner bertaraf internasional ini mempersembahkan karya bertema “Natural Freshness” yang terinspirasi dari peraturan Asian Pastry Cup yang akan ditetapkan ke depannya yaitu penggunaan produk makanan yang eco-friendly.

Chef Glenn N. P. Rotinsulu (kiri) dan Chef Christian Dewabrata S. (kanan) dari Academy of Pastry and Culinary Arts (APCA) Indonesia seusai menjuarai Indonesia Pastry Cup 2019 di Alam Sutera pada Minggu, 14 Juli 2019

“Kami memiliki ide membuat sesuatu yang segar, alami serta juga indah dipandang. Ide memvisualisasikan sebuah potongan buah jeruk menurut kami cukup mewakili hal tersebut,” terang Chef Glenn.

Setelah menjadi juara nasional, tim APCA Indonesia akan bertarung di Asian Pastry Cup 2020. Mereka akan menghadapi tim dari Jepang, Korea Selatan, Australia, Tiongkok, Singapura, Malaysia, Filipina, India, Taiwan, Macau dan negara Asia lainnya. Dan jika berhasil pada tahap Asia, Indonesia berhak untuk berlaga di Lyon, Prancis pada World Pastry Cup 2021.

Kita doakan saja semoga kedua chef muda ini bisa mengharumkan nama Indonesia di Asian Pastry Cup 2020 mendatang, ya, teman-teman.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *