Pernah dengar binatang bernama Tombol Biru? Wah, itu binatang atau mainan, ya? Hehe…

Tombol Biru yang memiliki nama latin Porpita porpita ini tergolong dalam jenis binatang unik yang terdiri dari dua koloni. Bentuknya mirip dengan ubur-ubur di laut, tapi ia tidak termasuk jenis ubur-ubur.

Dua Bagian

Jika diamati baik-baik, binatang ini ternyata terdiri dari dua bagian. Bagian pertama terdiri atas “float” yang berupa bulatan keras mirip cangkang. Berbentuk bulat, lebar, dan datar dengan diameter 1 inci. Bagian kedua berupa kumpulan koloni hydroid yang hidup bersama dengan cangkang bundar, dan menjuntai seperti tentakel yang ada pada ubur-ubur.

Mengusir Limbah

Float pada Tombol Biru ternyata dapat menyemburkan gas yang membuatnya tetap mengapung. Mulut binatang ini terdapat di bawah piringan bulat putihnya. Uniknya lagi, selain untuk makan, mulutnya juga berfungsi untuk mengusir limbah yang ada di sekitarnya dengan cara menghembuskan gas.

 Angin dan Arus

Porpita porpita banyak ditemukan di perairan laut tropis dan subtropis pasifik di laut Atlantik dan India. Keberadaan Tombol Biru sangat bergantung dengan angin dan arus air laut. Sehingga, kita kadang menemukan binatang-binatang unik ini bermigrasi dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan, terkadang mereka terdampar dan bertebaran di tepi pantai, lho.

 

 

Teks: JFK    Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *