Pada ajaran agama Islam, Nabi Muhammad SAW menjadi sosok teladan yang baik. Tak hanya mengajarkan hal-hal terkait hubungan spiritual, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan banyak hal dalam menjaga kesehatan. Berikut adalah beberapa pola makan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Berhenti makan sebelum kenyang

Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan untuk tidak makan sebelum lapar serta berhenti makan sebelum merasa kenyang. Beliau memberikan tuntunan bahwa kapasitas perut dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu sepertiga untuk makanan (zat padat), sepertiga untuk minuman (zat cair), dan sepertiga lagi untuk udara (gas).

Hal ini sesuai dengan yang disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raaf (7) ayat 31 yang dimana berbunyi, “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebihan-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” Apa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW ini merujuk pada ajaran Islam yang mengisyaratkan bahwa makan dan minum bertujuan menjaga kesehatan, karena dengan badan yang sehat, segala aktivitas yang kita jalankan termasuk ibadah dapat berjalan maksimal.

Mengawali pagi dengan meminum madu

Hal lainnya yang bisa dijadikan contoh dari kebiasaan Nabi Muhammad SAW di pagi hari adalah membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin yang dicampur dengan sesendok madu asli. Dalam Al-Qur’an, madu merupakan syifaa yang bisa menjadi obat untuk segala penyakit. Madu dapat berperan untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, dan menyembuhkan wasir serta peradangan. Hal ini sejalan dengan apa yang disebutkan dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 68-69 yang berbunyi “Dari perut lebah itu minuman (madu) yang bermacam-macam keluar warna. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.” (QS. An-Nahl: 68-69).

Memperhatikan menu yang dimakan

Dalam memilih menu makanan, Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar kita memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehingga tubuh kita dapat berada dalam kondisi yang bugar. Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan beberapa makanan yang menurutnya tidak boleh untuk disajikan secara bersamaan, seperti di antaranya adalah makan daging sembari minum susu, mengonsumsi cuka dengan buah-buahan, serta makan ikan dan telur dengan salad atau dedaunan secara bersamaan. Nabi Muhammad SAW juga memberi anjuran bagi orang-orang yang ingin hidup lebih sehat untuk mengurangi konsumsi nasi putih, gula pasir, tepung, produk yang mengandung susu, serta minyak goreng sawit.

Itulah beberapa pola makan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Ingin tahu lebih banyak mengenai ilmu agama Islam dengan pengemasan yang menarik? Kini kamu bisa mendapatkannya dengan mengakses fitur Ruangngaji pada aplikasi Ruangguru.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *