Bayangkan ada tanaman yang ketika matang, buahnya bukan enak dimakan, tapi malah meledak!

Wah, ngeri sekali, ya, Kids? Tak heran kalau nama tanaman tersebut adalah Pohon Dinamit (Hura brasiliensis). Merupakan tanaman dari hutan tropis Amazon. Nama lain dari Pohon Dinamit ini adalah Pohon Neraka, karena bentuk dan karakter pohon ini yang menyeramkan. Adapun julukan lain untuk pohon ini adalah Pohon Kotak Pasir.

Pohon unik ini ditutupi duri tajam di sekujur batangnya, Kids. Keunikan lainnya adalah getahnya yang beracun. Oleh penduduk setempat, getah pohon ini digunakan untuk meracuni mata panah buat berburu.

Daerah Pantai

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Daerah penyebarannya sampai negara-negara di Asia. Jenis tanaman ini akan tumbuh dengan baik di tanah liat berpasir dengan intensitas  sinar matahari penuh dan pada daerah dengan ketinggian 0-400 m di atas permukaan laut. Sesuai dengan sifat hidupnya yang menyukai daerah lempung berpasir, jenis tanaman ini banyak ditemukan di daerah pantai.

Buah Meledak!

Bagian yang paling khas dari flora ini adalah buahnya. Ketika telah matang, buah tanaman ini akan meledak dengan daya ledak yang cukup kuat sehingga dapat melukai manusia atau hewan yang ada di dekatnya. Wah, bahaya sekali, ya! (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *