Ada yang sudah menonton film Star Wars Episode IV: A New Hope? Dalam film tersebut digambarkan Luke Skywalker sedang memandangi sunset di rumahnya, Tatooine, yang mengorbit dua matahari. Keberadaan planet dalam kisah fiksi ilmiah tersebut ternyata benar-benar ada di alam semesta kita, lho, Kids!

Para ahli astronomi AS mengumumkan penemuan planet dengan dua matahari yang dinamakan Kepler-16b. Planet yang memiliki ukuran hampir sama dengan planet Saturnus di Tata Surya tersebut, terletak sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi. Planet Kepler-16b ini juga terletak pada jarak sekitar 105 juta kilometer dari dua bintang induknya dan memiliki periode orbit 229 hari.

Planet ini ditemukan menggunakan teleskop angkasa Kepler, yang memantau tidak kurang dari 155.000 bintang. Menurut para ilmuan, dua matahari terbenam bersamaan setiap malam tiba di planet Kepler-16b. Hal itu terpantau ketika peneliti melakukan pengamatan dari pesawat antariksa Kepler NASA.

Tidak Layak Huni

Jika Tatooine dalam film Star Wars bisa dihuni, tidak demikian dengan Tatooine di Tata Surya kita, Kids. Kepler-16b bukanlah planet yang layak huni. Mengingat planet ini merupakan planet gas yang dingin dan tidak cocok untuk kehidupan. Selain itu, mataharinya lebih kecil dan memiliki suhu permukaan yang sangat rendah, sehingga planet Kepler-16b pun menjadi sangat dingin. Suhu permukaannya sekitar -73 hingga -101 derajat celcius. Suhu rendah ini dimungkinkan karena meski memiliki dua matahari, ukuran kedua bintang induk tersebut jauh lebih kecil dibandingkan Matahari kita dan memancarkan energi yang lebih kecil, Kids. (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *