Buah pisang termasuk jenis buah tropis yang sangat menyehatkan. Sehingga banyak negara di Eropa, terutama Jerman mengimpornya secara besar-besaran. Selain kaya serat, pisang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Antara lain potassium, riboflavin, niasin, vitamin A, vitamin C, serta beberapa kalsium dan zat besi.

Buah pisang juga merupakan sumber energi yang cukup tinggi, yakni 99 kilokalori per 100 gram. Itulah sebabnya kenapa jika kita makan buah pisang, kita akan merasa kenyang dan punya tenaga.

Buah pisang berasal dari Asia Tenggara. Di Asia Tenggara ini buah pisang telah lama tumbuh di dataran tropis sejak ribuan tahun yang lalu.

Sebuah teori mengatakan bahwa yang dimaksud dengan buah pengetahuan baik dan buruk yang terdapat di taman Eden sebenarnya adalah pisang. Teori ini muncul gara-gara pemberi nama tumbuhan, yaitu Linnaeus menamai pisang dengan bahasa latin Musa paradisiaca. Kata “musa” diambil dari bahasa Arab “mouz” yang berarti pisang.

Sedangkan kata “paradisiaca” berarti berasal dari Taman Firdaus atau Eden, yang oleh orang Inggris disebut paradise. Ini merujuk pada kepercayaan orang Arab yang beranggapan bahwa pohon pisang adalah pohon Pengetahuan Baik dan Buruk. (JFK/etg, Foto: istimewa)

 

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *