Di antara kalian, pasti ada yang bercita-cita ingin menjadi pilot. Selain bangga karena bisa menerbangkan pesawat, juga bisa keliling dunia dengan gratis. Sudah begitu, mendapat uang lagi. Enak, bukan?

Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Menjadi pilot sangat menyenangkan karena bisa keliling dunia. Semua orang bisa menjadi pilot asalkan lulus SMU terlebih dahulu. Tapi sekolah pilot di Indonesia jumlahnya masih sedikit. Salah satunya yang terkenal adalah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia di Tangerang dan Deraya Flying School di Jakarta.

Susah tidak sih menjadi pilot?

Sebenarnya, tidak terlalu sulit. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi seorang pilot. Syarat-syaratnya adalah; lulus SMU, panjang kaki dari pangkal paha 100 cm, lulus tes kesehatan meliputi jantung, mata, dan lain-lain, lulus tes bahasa Inggris, memiliki pengetahuan umum tentang penerbangan, tidak berkacamata, gigi tidak berlubang, serta menguasai pelajaran Matematika dan Fisika.

Karena pilot adalah pekerjaan yang menuntut keahlian dalam mengemudikan sebuah pesawat, maka seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan. Jika dinyatakan lulus, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang. Yaitu surat pengakuan kemampuan sang pilot untuk menerbangkan pesawat dengan ukuran tertentu. Lamanya pendidikan hingga mendapatkan sertifikasi terbang rata-rata adalah satu tahun.

Keahlian seorang pilot dalam menerbangkan pesawat merupakan dasar utama yang menentukan kualitas seorang pilot. Faktor-faktor pendukung keahlian seorang pilot selain surat sertifikasi adalah jumlah jam terbang yang telah dimiliki. Jam terbang maksudnya adalah sudah berapa lama ia menerbangkan pesawat. Keselamatan pesawat dalam suatu penerbangan adalah tanggung jawab seorang pilot, sedang keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan adalah tanggung jawab awak kabin seperti pramugari misalnya. Pramugari adalah orang yang bertugas untuk melayani para penumpang. (JFK/etg, Ilustrasi: JFK)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *