Ternyata, ada hewan yang memiliki nama unik, lho. Ya, Sepia namanya. Lucu, ya? Seperti judul lagunya band Sheila On 7 yang sempat kondang dulu. Pasti kalian penasaran, seperti apa, sih, binatang yang bernama Sepia itu?

Hewan air yang satu ini memiliki nama Sepia officinalis. Di dunia hewan, Sepia masuk dalam kelas Cephalopoda. Sepia ini ternyata juga biasa dikonsumsi oleh manusia. Teman-teman pasti tahu Cumi-cumi atau Gurita. Ya, kedua hewan tersebut juga masih satu keluarga dengan Sepia. Karena masuk dalam ordo atau kelas yang sama yaitu Cephalopoda.

Lalu, apa bedanya Sepia dengan Cumi-cumi?

Kalau dilihat dari bentuknya, Sepia hampir bulat pipih. Sedangkan Cumi-cumi berbentuk silinder panjang. Satu lagi perbedaannya adalah, Sepia memiliki cangkang yang keras dan tebal karena tersusun dari struktur kapur yang keras. Sedangkan Cumi-cumi hanya memiliki cangkang yang lunak, kecil, dan memanjang.

Sepuluh Tentakel

Dalam mencari makan dan menangkap mangsa, Sepia dibantu oleh sepuluh tentakel (kaki)-nya. Dua tentakelnya lebih panjang dari yang delapan lainnya. Kaki-kaki inilah yang digunakan oleh Sepia untuk mencari dan memperoleh mangsanya seperti ikan-ikan kecil, siput kecil, udang-udang kecil, dan binatang-binatang air yang lebih kecil dari dia.

Warna kulit Sepia ketika masih hidup hingga baru terjaring oleh manusia adalah berwarna putih bening dengan motif garis-garis horizontal tipis. Tetapi, ketika dia sudah mati dan disimpan dalam lemari es beberapa lama, warna kulitnya berubah menjadi putih susu.

Sepia ini bisa ditemui di perairan payau (campuran air tawar dan air asin) dan di perairan laut (air asin). Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah saat malam hari, tepat di bawah cahaya. Sebab Sepia ini sangat menyukai cahaya (penerangan). (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

2 Comments

  1. man yang lebih enak?

  2. kayaknya cumi2 jadi sangat menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *