Benda ini selalu kalian lirik, apalagi menjelang jam-jam pulang sekolah. Hehe… Yup, jam tangan. Setiap kalian pasti punya, kan? Tapi, tahu nggak siapa yang pertama kali menciptakannya?

Meski terlihat sepele, jam sangat berguna untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari, ya, Kids. Kalian bisa mengatur jadwal kegiatan seperti jadwal makan, jadwal les, ataupun jadwal belajar. Kalian juga bisa menyalakan alarm sebagai pertanda harus bangun dari tidur.

Sepertinya, kita semua harus berterima kasih pada Peter Henlein asal Nuremberg, Jerman. Pria kelahiran tahun 1485 inilah yang diyakini sebagai penemu jam tangan. Awalnya, pada tahun 1504, Peter bekerja sebagai tukang kunci di sebuah tempat pengrajin benda unik. Dari situlah Peter belajar, mengutak atik,  dan melakukan percobaan.

Jam Taschenuhr

Awalnya, Peter membuat jam hias portable dengan wadah yang bisa dibawa-bawa. Salah satu jam buatannya yang terkenal adalah taschenuhr, jam dalam bentuk wadah kecil dari logam mulia.

Kerajinan taschenuhr yang dibuat Peter sangat unik. Banyak bangsawan yang menyukainya. Kala itu, jam tersebut juga masih sangat langka dan hanya dipakai para bangsawan.

Mulai Berkembang

Berdasarkan temuannya itulah kemudian bermunculan inovasi-inovasi serupa sehingga menjadi jam tangan yang sekarang kita kenal. Peter Henlein diketahui menghembuskan napas terakhirnya pada Agustus 1542.

Untuk mengenang jasanya, dibuatlah monumen dirinya memegang jam saku taschenuhr di wilayah Nuremberg, Jerman. Sampai saat ini pun sosok Peter Henlein melekat di jam model taschenuhr. Beliau juga dinobatkan sebagai penemu jam tangan pertama di dunia. (Novi)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *