Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM di Indonesia memegang peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19, serta berkontribusi hingga 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Namun, situasi pandemi juga telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi UMKM di Indonesia, dan pelaku UMKM kerap dihadapi dengan berbagai tantangan untuk kembali bangkit dan mengembangkan bisnisnya.

ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia bersama dengan ukmindonesia.id, organisasi yang berfokus pada pemberdayaan usaha dari skala mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan beroperasi di bawah naungan Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Indonesia (FEB UI), bafru-baru ini meluncurkan buku panduan UMKM gratis bertajuk “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay”. Buku panduan ini hadir sebagai dukungan bagi pelaku UMKM di Indonesia, berisikan pedoman yang dapat membantu pelaku UMKM memulai suatu bisnis atau mengembangkan bisnisnya untuk dapat bangkit dari situasi pandemi, di antaranya melalui teknologi.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, “Melalui buku panduan ini, kami ingin menghadirkan seperangkat pedoman yang dapat membantu siapapun dalam memulai suatu bisnis atau mengembangkan bisnisnya untuk dapat bangkit dari situasi pandemi. Kami percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika dilakukan bersama-sama dan dengan bersungguh-sungguh.”

Buku panduan “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay” ini merangkum berbagai kiat sukses yang dapat berguna bagi pelaku UMKM dan dijabarkan dalam lima bab. Beragam topik yang dibahas dalam buku panduan gratis tersebut termasuk rumus membangun branding untuk perluas pasar, strategi penentuan harga jual produk, strategi promosi melalui kanal digital, strategi kolaborasi untuk tingkatkan penjualan, serta strategi mengembangkan bisnis dengan ekosistem digital.

Gilang Ageng, CEO ukmindonesia.id mengatakan, “Buku ini merupakan salah satu bentuk nyata upaya kami dan ShopeePay untuk membantu meningkatkan kapasitas kewirausahaan UMKM di Indonesia, dalam upaya mengantarkan UMKM untuk dapat naik kelas. Dengan berfokus pada digitalisasi UMKM yang tertuang dalam beragam materi, buku panduan ini memberikan ilmu pengetahuan yang mendasar, terstruktur, dan mengikuti perkembangan teknologi bagi pelaku UMKM mana pun yang ingin mengembangkan bisnisnya.”

Peluncuran buku panduan UMKM gratis ini juga turut disambut baik dan didukung oleh Maulana Hakim, CEO TEGUK INDONESIA, yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya di bidang food and beverage sejak 2018. “Terlepas dari skala bisnisnya, tantangan akan selalu hadir bagi setiap pelaku usaha. Namun, pengimplementasian berbagai strategi yang tepat dapat membantu pelaku usaha dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan datang ketika menjalankan bisnisnya, dan bahkan membantunya dalam meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnisnya ke tingkat selanjutnya,” ujar Maulana. Baginya, setiap pelaku usaha harus mengedepankan sikap ingin belajar dan berkembang, dan buku panduan UMKM dari ShopeePay ini merupakan salah satu sumber ilmu yang tepat untuk dijadikan pedoman.

Buku panduan UMKM “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay” merupakan bagian dari program Semangat UMKM Lokal yang diinisiasi oleh ShopeePay untuk mendorong perkembangan UMKM sejak Maret 2021, dan dapat diunduh secara gratis oleh pelaku usaha mana pun melalui tautan yang terlampir pada akun Instagram @ukmindonesiaid. Program Semangat UMKM Lokal merupakan salah satu wujud komitmen ShopeePay dalam mendorong geliat industri UMKM di Indonesia, di antaranya melalui stimulus transaksi masyarakat berupa cashback spesial yang dihadirkan untuk bisnis UMKM di berbagai kota di Indonesia. ShopeePay juga berkomitmen untuk menghadirkan kemudahan dan keuntungan bagi konsumen dan pelaku bisnis, di antaranya melalui fitur Transfer ke Bank yang memungkinkan seluruh pengguna untuk melakukan transfer saldo ShopeePay ke berbagai bank tanpa biaya admin dan tanpa batas kuota harian. Kehadiran fitur terbaru ini diharapkan dapat semakin mendukung produktivitas masyarakat dan pelaku bisnis di seluruh Indonesia.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *