JAKARTA, majalahjustforkids.com – Di akhir acara, suasana tiba-tiba saja menegang di detik-detik saat pembawa acara membacakan dua nominasi yang akan memperebutkan gelar Miss KidZania Jakarta 2022 sore itu, Minggu, 18 Desember di area Mainsquare KidZania, Pacific Place Mall lantai 6, SCBD, Jakarta Selatan.

Ya, setelah sebelumnya dibacakan juara favorit dan juara ketiga, kini tinggal dibacakan siapakah yang akan menduduki juara kedua dan juara pertama alias sebagai Miss KidZania Jakarta 2022.

Tersisa dua finalis yaitu nomor 02 dan 07. Teriakan pun terdengar. Ada yang meneriakkan nomor 02 dan adapula yang meneriakkan 07.

Ketegangan pun semakin memuncak saat pembawa acara akhirnya meneriakkan finalis nomor 07 yaitu Michelle Davina Hadipranoto (13 tahun) yang berhak menggunakan mahkota Miss KidZania Jakarta 2022.

Michelle Davina Hadipranoto – Winner Miss KidZania Jakarta 2022

Rasa haru dan ucap syukur pun langsung dihaturkan Michelle dengan menangkupkan kedua telapak tangan di wajahnya.

Ya, pemilihan Miss KidZania Jakarta mencapai puncaknya tepat pada Minggu, 18 Desember 2022 dengan digelarnya Grand Final Miss KidZania Jakarta 2022.

Dimulai dari 10 Oktober – 14 November 2022, pendaftaran Miss KidZania Jakarta dilakukan selama kurang lebih 1 bulan.

Antusias begitu tinggi dimana pendaftar Miss KidZania Jakarta 2022 mencapai hingga lebih dari 4.000 pendaftar.

Setelah dilakukan seleksi berkas, terpilihlah 50 nama yang lolos untuk audisi dan wawancara dengan dewan juri di KidZania.

Dari 50 nama kemudian terpilih 24 Semifinalis terbaik Miss KidZania Jakarta. Dimana tepat pada Minggu, 11 Desember 2022 lalu, malam Semifinal Miss KidZania Jakarta, dewan juri telah memilih 12 finalis terbaik yang lolos melangkah ke babak Grand Final.

Miss KidZania Jakarta sendiri merupakan salah satu event terbesar dwitahunan KidZania Jakarta yang memberikan kesempatan kepada puteri-puteri Indonesia untuk bermain peran (role play) dimana tahun ini merupakan kali ke-7 event dilaksanakan dan sempat tertunda 2 tahun karena pandemi Covid-19.

Berfoto bersama ke-12 Finalis Miss KidZania Jakarta 2022

Dengan tema paper selection “Dare To Lead With Active Living and Strong Personality” mengajak puteri-puteri Indonesia untuk berani memimpin, aktif, terbentuk pribadi yang kuat, dan peduli terhadap kemanusiaan serta lingkungan sekitar.

Tidak hanya peduli lingkungan, mereka juga akan menerapkan 6 Guiding Rightz KidZania yaitu To Care, To Know, To Play, To Share, To Create, dan To Be.

Melalui 6 Guiding RightZ tersebut, ke-12 Finalis Miss KidZania Jakarta diharapkan menjadi sosok perempuan yang memiliki kepedulian kepada lingkungan sekitar dari sisi education, environment, human, leadership, senior citizen and well-rounded, sehingga dapat menciptakan dunia yang lebih baik.

Mentor Minister and Advisor KidZania Jakarta, Uchu Riza menyampaikan, “Event ini sangat ditunggu-tunggu dan saya bangga dengan tema “Dare To Lead with Active Living and Strong Personality”, KidZania Jakarta berharap para peserta Miss KidZania Jakarta 2022 akan terbentuk menjadi sosok yang aktif, memiliki kemampuan sosial, dan pribadi yang tangguh untuk memimpin.

President KidZania Jakarta-Kerry Riza juga menambahkan, “Miss KidZania Jakarta juga selalu kami adakan dengan tujuan membentuk pribadi dan karakter anak agar lebih percaya diri, aktif, berwawasan luas serta bermanfaat bagi anak-anak dalam mengembangkan bakatnya masing-masing.”

Para dewan juri

Pada malam Grand Final ini, 12 Finalis Miss KidZania Jakarta tampil memukau dan menghibur para penonton serta dewan juri yang terdiri dari Kak Kamidia Radisti pemenang Miss Indonesia 2007, Alitya Azizah-Senior Manager Mass Funding Division, Achmad Safarie selaku Educator dari Al Jabr International Islamic School, dan Dhiya Nadira sebagai Miss KidZania Jakarta 2009 angkatan pertama.

Dalam kesempatan tersebut, ke-12 finalis mampu menjawab pertanyaan dari para dewan juri dengan cerdas dan lugas. Semua pertanyaan tentang kepemimpinan mampu mereka jawab dengan baik hingga dewan juri pun kebingungan memilih juaranya.

Michelle yang memiliki nomor urut 07, mendapat pertanyaan yang sangat menggelitik dari salah seorang dewan juri, “Bolehkah seorang pemimpin mengalami kegagalan?”

Tak disangka, pertanyaan tersebut dijawab Michelle dengan cerdik. “No body perfect. Tak ada orang yang sempurna. Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Dan kita harus belajar dari kesalahan tersebut untuk memperbaikinya,” jawab finalis yang fasih berbahasa Inggris ini.

Malam Grand Final juga dimeriahkan oleh penampilan tari daerah oleh Faiha Raisa Fitri sebagai pemenang KidZania Talent Show 2016, penampilan Girlband dari Blink Stars, dan Pamela Ghaniya pemenang ajang pencarian bakat (Idola Cilik 2022).

Penampilan kolaborasi 12 finalis Miss KidZania di malam Grand Final berjalan sangat baik setelah mendapatkan coaching selama masa karantina.

Mereka mendapatkan pelatihan modeling, koreografi serta selama masa karantina juga mendapatkan materi tentang leadership dari Kak Achmad Safarie selaku Educator dari Al Jabr International Islamic School.

Mereka juga mendapatkan kesempatan mengunjungi Royal Safari Garden Puncak untuk mendapatkan edukasi satwa agar mereka lebih peduli lagi terhadap satwa dan lingkungan sekitarnya, serta belajar bagaimana manusia seharusnya merawat binatang.

Director KidZania Jakarta, Faizal Reza mengatakan, “Kriteria pemenang Miss KidZania Jakarta adalah anak perempuan yang memiliki kepribadian menarik, cerdas, berwawasan luas, berpenampilan ceria khas anak-anak, aktif, percaya diri, mampu mencerminkan keterpaduan antara Brain, Beauty, and Behavior. Hal ini diperlukan karena pemenang akan menjadi Brand Ambassador KidZania Jakarta selama 2 tahun.“

Miss KidZania Jakarta 2022 yang terpilih menggantikan Miss KidZania 2018 yang sebelumnya diraih oleh Kayla Ashifah Ananidha Kusuma.

Malam Grand Final juga dihadiri oleh Miss KidZania Jakarta 2009, 2010, 2015, dan 2018 yang datang untuk memberi dukungan kepada para finalis. Kehadiran para Alumni Miss KidZania ini juga membuat malam Grand Final menjadi Reunion Night of Miss KidZania Jakarta.

Puncak acara dari Grand Final Miss KidZania Jakarta 2022 adalah pengumuman pemenang dan penyerahan mahkota bergilir Miss KidZania.

Juara Miss KidZania Jakarta 2022 mendapatkan hadiah berupa member card akses masuk KidZania Jakarta selama dua tahun, uang tunai dalam bentuk tabungan Bank BRI Junio senilai 10.000.000, free stay menginap di Pesona Alam Puncak, free stay menginap di Hotel Century Park, Gift Voucher tiket pesawat/hotel dari Tiket.com total senilai 7.000.000, Shopping Voucher Petit Lulun Batik 1.000.000, Shopping Voucher Segari 1.000.000, dan Shopping Voucher dari Justice serta Goodie Bag menarik dari sponsor pendukung dan industri partner.

Para pemenang Miss KidZania Jakarta 2022

Selain Juara I Miss KidZania Indonesia 2022, terpilih juga 1st Runner Up Miss KidZania Indonesia 2022, 2nd Runner Up Miss KidZania Indonesia 2022, dan Miss KidZania Favorite 2022 yang terpilih berdasarkan vote melalui website KidZania Jakarta.

Berikut adalah nama-nama pemenang Miss KidZania Jakarta 2022:

1. Michelle Davina Hadipranoto – Winner Miss KidZania Jakarta 2022

2. Evolette Alexandra Quineldy – 1st Runner Up Miss KidZania Jakarta 2022

3. Casslyne Okalina – 2nd Runner Up Miss KidZania Jakarta 2022

4. Riffa Khayla Almirasya – Miss KidZania Favorite 2022

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *