JAKARTA, majalahjustforkids.com – Kamu pernah dengar cerita Ken Dedes? Ken Dedes adalah isteri dari Raja Tunggul Ametung yang jatuh cinta pada Ken Arok dimana Ken Arok sendiri sudah mempunyai isteri bernama Ken Umang.

Ken Dedes berusaha untuk meyakinkan Ken Arok bahwa ia bisa menjadi seorang raja yang hebat hingga akhirnya Ken Arok luluh pada Ken Dedes. Namun ada satu orang yang tidak mau menyerah dan mengalah yaitu Ken Umang, isteri Ken Arok.

Seru, ya? Bagaimana akhir ceritanya? Penasaran, kan?

Tak hanya cerita Ken Dedes, cerita lainnya seperti; kehidupan Cut Nyak Dien setelah dibuang ke Sumedang oleh Pemerintah Belanda, ada pula kisah masa muda Raja ke-3 Kerajaan Mataram, Mas Rangsang yang harus menjadi pemimpin kerajaan besar di usia remaja dimana bukanlah hal yang mudah. Dimana Raden Mas Rangsang yang kemudian bergelar Sultan Agung, sering diragukan kepemimpinannya.

Seru-seru, kan? Nah, semua itu bisa kalian saksikan secara gratis, lho, di ajang Festival Musikal Indonesia (FMI) yang akan berlangsung pada 20 dan 21 Agustus 2022 di Teater Jakarta – Taman Ismail Marzuki, Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Ya, untuk pertama kalinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (bekerjasama dengan Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia) menggelar Festival Musikal Indonesia.

Festival ini melibatkan sejumlah grup musikal tanah air seperti Artswara, EKI Dance Company, Flodanzoka, Jakarta Movin, Kampus Betawi, Swargaloka dan Teman Production.

Bapak Ahmad Mahendra, Direktur Musik, Perfilman dan Media Kemendibudristek RI, selaku panitia penyelenggara menyatakan bahwa festival ini mengangkat konsep seni musikal  di tanah air.

“Musikal yang sudah terlanjur diketahui berasal dari Inggris dan Amerika, sebetulnya seni yang mengandung unsur-unsur musikal ini, musik – akting – tari, sudah ada dalam sebuah pentas tradisional seperti di wayang kulit, lenong betawi atau ludruk,” katanya.

Festival Musikal Indonesia yang kelak dibuat rutin ini, mengangkat musikal Indonesia kepada masyarakat luas, melalui pameran, pentas, dan kegiatan lainya.

Bapak Rusdy Rukmarata selaku Direktur Festival, menyatakan tema Festival Musikal Indonesia kali ini adalah sejarah Indonesia. “Tema Festival Musikal Indonesia kali ini adalah Sejarah Indonesia, yang akan direspons oleh 7 sanggar musikal dalam cuplikan pentas musikal Indonesia,” katanya.

Sejauh ini kata Bapak Rusdy, mereka akan mengangkat cerita-cerita sejarah, seperti Artswara dengan Tjut Nya’ Dien,  Ken Dedes oleh EKI Dance Company, Teka Iku Flores Timur dari Flodanzoka, 9 Sembilu (9 Perempuan  Rembang) dari Jakarta Movin, Blood Brothers Kampus Betawi, Sultan Agung dari Swargaloka, dan Teman Production mengangkat tentang Bhinneka Tunggal Ika.

Sedangkan Ibu Reda Gaudiamo sebagai Produser FMI, juga menyiapkan sejumlah acara di area Teater Jakarta yang ikut mendukung festival seperti, panggung show case musikal, kuliner nusantara, pameran musikal Indonesia, dan lain sebagainya. “Festival ini menjadi keriaan seni budaya milik semua kalangan untuk merayakan musikal Indonesia,” katanya.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *