Memilih popok sekali pakai untuk si buah hati memang tak boleh sembarangan. Kualitas bahan menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Bagaimana tidak, kulit bayi sangat tipis. Jika Moms salah memilih popok, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ruam popok yang membuat bayi tak nyaman.

Seperti yang diuraikan oleh dokter spesialis anak, dr. Citra, SpA, IBCLC, MKes. Kulit bayi, dijelaskan oleh dr. Citra, 30 persen lebih halus dan lebih lembut dibandingkan orang dewasa. Inilah mengapa, kulit bayi rentan alami masalah kulit seperti diaper dermatitis atau ruam popok, dan atopic dermatitis atau eksim akibat peradangan kulit.

Salah satu cara mencegahnya, saran dr. Citra, adalah dengan memilih popok dengan bahan yang aman dan lembut bagi kulit bayi.

Keunggulan Popok Organic Cotton

Bicara soal keamanan atau minim efek samping, masyarakat semakin sadar akan pentingnya produk-produk yang mengandung bahan-bahan alami atau organik. Ini terbukti dari survei Nielsen U&A 2022. Sebanyak 48% ibu menggunakan produk organik, mulai dari makanan Ibu, makanan bayi, skincare, maupun pakaian. Mereka beranggapan, produk organik baik untuk kesehatan (50%), aman untuk kulit (24%), serta tidak mengandung bahan kimia (16%).

Dari sumber yang sama diketahui, para ibu memiliki beberapa pertimbangan dalam memilih popok bayi, yakni tidak mudah bocor (70%), lembut di kulit bayi (53%), serta tetap kering (52%). Tak hanya itu, kebutuhan popok yang terbuat dari bahan organik pun, meningkat. Tapi, apakah ada popok dari bahan organik?

Eits, tenang, Moms! Kabar baik datang dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Pada tanggal 23 Agustus 2022, mereka baru saja meluncurkan popok bayi sekali pakai berbahan organic cotton dari MamyPoko Royal Soft. Diuraikan oleh Yukihiro Ito, R&D Department Head PT Uni-Charm Indonesia Tbk., MamyPoko Royal Soft dirancang dengan menggunakan 100 persen organic cotton (kapas organik) pada bagian top sheet, yaitu permukaan lapisan penyerap pada popok yang kontak langsung dengan kulit bayi.

Yuji Ishii, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk (kedua dari kiri) bersama Yukihiro Ito, R&D Department Head PT Uni-Charm Indonesia Tbk, dan Kosuke Saito, Marketing Manager Baby Care. Acara peluncuran ini juga turut dihadiri oleh Andien Aisyah dan dr. Citra, SpA, IBCLC, MKes pada Selasa 23 Agustus 2022

“Dengan organic cotton, hasilnya popok lebih lembut dan ramah untuk kulit bayi karena kami memilih kapas yang bersertifikasi organik OCS 100 dari Control Union Certification B.V. untuk memastikan bahan organic cotton ditanam secara alami tanpa bahan kimia yang berbahaya bagi alam,” imbuh Yukihiro.

Hal senada diungkapkan oleh dr. Citra. Ia mengatakan, salah satu contoh popok yang lembut dan aman adalah yang mengandung kapas organik. “Terbukti lebih lembut dan bebas bahan kimia sehingga aman bagi kulit anak,” pungkas dr. Citra.

Pertama di Indonesia

Produk MamyPoko Royal Soft ini merupakan terobosan baru di pasar popok bayi di Indonesia. Sebelumnya,

Unicharm Corporation telah sukses menjadi pelopor pasar “popok organik” di Jepang sejak meluncurkan perdana pada tahun 2016 lalu. Produk tersebut bahkan diterima dengan baik di 8 negara di Asia, Asia Tenggara, dan Oseania. Nah, kini PT Uni-Charm Indonesia Tbk menghadirkannya ke Indonesia.

Yuji Ishii, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk. menjelaskan, “Bayi, terutama bayi yang baru lahir, memiliki kulit yang halus, sehingga kesehatan kulit bayi adalah salah satu hal terpenting bagi orangtua, dan produk yang ramah di kulit serta baik untuk untuk kulit bayi menjadi poin penting bagi konsumen. Kami melihat kebutuhan akan popok yang tidak hanya lembut di kulit bayi semakin meningkat, tetapi juga terbuat dari bahan organik. Untuk itu, kami memperkenalkan MamyPoko Royal Soft Organic Cotton, satu-satunya produk MamyPoko yang menggunakan kapas organik,” katanya.

Tentu ini berita baik bagi para Moms, ya! Salah satu yang menyambut antusias adalah Andien Aisyah. Penyanyi, Ibu sekaligus Penggiat Sosial ini memang sudah terkenal dengan gaya hidup sehat dan kepeduliannya menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai orangtua, ia mengaku sangat hati-hati dalam menentukan apa yang dikonsumsi maupun dipakai oleh anggota keluarga dan dampaknya pada keluarga, terutama anak-anak, serta dampaknya pada lingkungan. Andien sendiri, sejauh ini konsisten menggunakan bahan alami atau organik pada apa yang dimakan dan dipakai keluarganya, sebab terbukti aman juga ramah lingkungan.

“Ini nih yang saya tunggu-tunggu. Anak saya juga saat ini masih memakai popok, ya. Senang banget kalau ternyata juga ada popok organik,” katanya.

Ia pun sangat mengapresiasi inisiatif MamyPoko Royal Soft menggunakan bahan Organic Cotton. “Sebelumnya nggak terpikir mengenai penggunaan organic cotton pada popok bayi. Langkah ini adalah sebuah inspirasi yang patut ditiru kalau kita peduli pada kesehatan,” imbuh Andien.

Ditegaskan oleh Yukihiro Ito, MamyPoko Royal Soft telah melakukan serangkaian tes dermatologi. Hasilnya, popok berlapis organic cotton lebih baik dalam mencegah risiko iritasi pada kulit bayi hingga 1,8 kali. Bahan kapas organik, katanya, juga lebih ramah untuk kulit bayi karena kapas yang digunakan ditanam dengan cara berkelanjutan dan ditumbuhkan secara organik. “Yakni menggunakan cara alami tanpa bahan kimia berbahaya yang dapat merusak lingkungan, untuk kepentingan jangka panjang manusia dan alam,” pungkas Yukihiro Ito.

Popok MamyPoko Royal Soft Organic Cotton bisa dibeli di berbagai minimarket, hyper market, super market, dan e-commerce. Tersedia dalam varian ukuran NB (newborn) , S, M, L, XL, dan XXL.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *