Pertengahan Februari, masyarakat Tionghoa (Cina) biasanya merayakan tahun baru atau yang dikenal Imlek. Imlek dirayakan selama lima belas hari berturut-turut, dengan puncak perayaannya yang disebut Cap Go Meh.

Kalau boleh dibilang, perayaan Cap Go Meh  di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, merupakan perayaan yang paling meriah dan unik, Kids! Mengapa? Karena setiap tahunnya, khusus di hari tersebut, digelar festival unik bernama Tatung.

Tujuan dari perayaan Cap Go Meh adalah untuk menangkal gangguan atau kesialan pada masa mendatang. Pengusiran roh-roh jahat dan peniadaan kesialan dalam Cap Go Meh, disimbolkan dalam pertunjukan atraksi Tatung. Tatung sendiri adalah orang-orang yang dirasuki oleh roh-roh para leluhurnya.

Menangkal Roh Jahat

Upacara adat Tatung biasanya dipimpin oleh Pendeta yang sengaja mendatangkan roh orang yang sudah meninggal, untuk merasuki Tatung. Roh-roh yang dipanggil diyakini sebagai roh-roh baik yang mampu menangkal roh jahat yang hendak mengganggu keharmonisan hidup masyarakat.

Perpaduan Budaya

Uniknya, dalam upacara adat Tatung, banyak juga yang bukan keturunan Tionghoa, ikut bergabung. Di antaranya adalah masyarakat Dayak (suku asli Kalimantan). Masyarakat Dayak ikut bergabung karena ritual Tatung mirip dengan upacara adat Dayak.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang memang berasal dari Tiongkok sejak lebih dari 250 tahun lalu. Perayaan tersebut sudah berbaur dengan budaya setempat di Kalimantan. Bisa dibilang, perayaan Cap Go Meh merupakan pesta rakyat terbesar di dunia dengan fenomena kearifan lokal. Tak heran, banyak masyarakat Singkawang serta wisatawan luar negeri yang secara khusus, menyempatkan hadir di perayaan Cap Go Meh itu.

Tapi, ada pesan khusus untuk kalian, nih, Kids. Persiapkan mental untuk menonton atraksi-atraksi ekstrem yang ditampilkan dalam festival Tatung. Dan jangan coba-coba untuk menirunya, ya, Kids! (Nov)

=====

Yang Khas dari Kalimantan Barat:

Rumah Adat       : Rumah Panjang

Tari Daerah        : Tari Monong, Tari Zapin Tembung

Lagu Daerah       : Cik-Cik Periuk

Makanan Khas    : Lempok, Sotong Pangkung, Pisang Goreng selai Srikaya,

Bubur Pedas

Ibukota              : Pontianak

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *