Permainan KARNAVAL SERU, Bantu Asah Kepekaan Emosi Anak dengan Cara Menyenangkan

“Apa yang kamu lakukan kalau ada teman kamu yang sedang sedih?” “Kamu sedang mengantri untuk naik bianglala, tiba-tiba ada anak yang memotong antrian kamu. Apa yang kamu lakukan?”

Pernahkah kamu berada dalam situasi tersebut? Ketika melihat teman kamu sedang sedih, kamu sebenarnya ingin membuatnya tertawa. Tapi kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan dan katakan, sehingga kamu akhirnya memilih diam.

Atau, ketika melihat ada seseorang  yang seenaknya memotong antrian sementara kamu sudah capek mengantri lama, kamu sebenarnya hendak menegurnya. Namun, kata-kata yang ingin kamu sampaikan, tersangkut di tenggorokan. Akhirnya, kamu memilih diam saja dengan hati yang kesal.

Jika iya, kamu tak sendiri. Cukup banyak anak-anak yang memiliki permasalahan emosional. Mulai dari sulit mengekspresikan emosi, hingga sulit mengatur/mengendalikan emosi sesuai situasi yang ada. Hal ini sering ditemui oleh para psikolog Anak saat berpraktik di Mentari Anakku, sebuah Klinik Psikologi dan Pusat Terapi Anak yang bertempat di Cipadu Jaya, Larangan, Tangerang.

(kiri – kanan) Husna Ika Putri, M.Psi., Psikolog (Moderator), Alia Mufida, M.Psi., Psikolog (Psikolog Anak dari Mentari Anakku), Firesta Farizal, M.Psi., Psikolog (Direktur & Psikolog Anak Mentari Anakku), dan Khairunnisa (Menthilis) dalam acara Launching Permainan KARNAVAL SERU di Workplay Bintaro, Rabu (25/09/19)

Padahal, kemampuan regulasi emosi adalah salah satu kemampuan yang penting dimiliki anak dan sangat berpengaruh pada kemampuan sosialisasi kalian secara umum. Tapi di sisi lain, orangtua seringkali kebingungan bagaimana mengajarkan atau membantu anak-anaknya menjadi lebih ‘cerdas’ secara sosial emosional. Nah, berangkat dari hal itulah, Mentari Anakku berkolaborasi dengan The Menthilis Project (Menthilis) menciptakan permainan Karnaval Seru. Apa itu?

Karnaval Seru, Sebuah Papan Permainan

Karnaval seru adalah sebuah permainan untuk mengasah kemampuan sosial-emosional anak. Permainan Karnaval Seru ini berbentuk papan permainan (board game) yang dapat dimainkan oleh 2-4 pemain. Target pemain berusia 5-9 tahun dan didampingi oleh orangtua atau orang dewasa lainnya yang dapat membimbing jalannya permainan.

Mentari Anakku dan The Menthilis Project luncurkan permainan Karnaval Seru, sebuah permainan yang mengasah kepekaan emosi anak berupa board game (papan permainan) yang bisa dimainkan oleh anak berusia 5 – 9 tahun dengan didampingi oleh orangtuanya

“Di Indonesia banyak sekali mainan-mainan yang sifatnya kognitif, merangsang kecerdasan otak, misalnya flash card (kartu kecil berisi gambar, teks, atau tanda yang menuntun anak untuk mengingat  dan  mengungkapkan  fantasi  dan  ide-idenya  saat  melihat gambar-gambar tersebut). Atau permainan yang mengasah kemampuan motorik, misalnya mainan puzzle (bongkar pasang), dan sebagainya. Tapi permainan yang mengasah kecerdasan emosi anak, jarang sekali ditemukan. Di luar negeri ada banyak, namun dalam bahasa Inggris, agak susah bagi anak untuk mengerti. Nah, kita lantas berpikir, kenapa nggak bikin sendiri?” ungkap Ibu Firesta Farizal, M.Psi., Psikolog, Direktur sekaligus Psikolog dari Mentari Anakku saat ditemui pada acara launching Karnaval Seru di daerah Bintaro.

Duduk, Bermain, Interaksi dan Diskusi

Dipilihnya board game, lanjutnya, dirasa sebagai wadah yang tepat. Mengingat permainan Karnaval Seru juga merupakan cara orangtua untuk bisa mengenalkan dan melatih kepekaan emosi anaknya secara menyenangkan.

“Yang ingin kami capai adalah adanya interaksi anak dengan orangtua, diskusi. Untuk itu, anak perlu duduk dengan tenang. Gimana caranya, harus ada sesuatu di depan anak yang bisa dia mainkan. Nah, akhirnya terpikirlah board game ini,” terangnya.

Di dalam kotak “Karnaval Seru”, kalian akan menemukan papan permainan, sebuah dadu, 4 bidak, bianglala, 42 kartu perintah/tantangan (terdiri dari 3 warna, merah, biru dan kuning), 4 paket boneka tangan badut, dan perlengkapan atribut badut dalam kantung rahasia.

Belajar Cerdas Emosional Sambil Bantu Dodo si Badut

Sesuai judulnya, permainan ini berlatar belakang situasi yang mungkin terjadi dalam sebuah karnaval. Ceritanya, nih. Dodo si badut, yang penampilannya selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak yang datang ke Karnaval Seru di sebuah kota kecil, sedang bersedih. Atribut-atribut yang biasanya ia kenakan untuk menghibur anak-anak, terbang terbawa angin kencang karena Dodo lupa menyimpannya di dalam lemari. Sekarang, atributnya berserakan di sekitar karnaval. Nah, kalian bertugas untuk membantu Dodo menemukannya.

Yuk, bantu Dodo si Badut mendapatkan kembali semua atributnya dengan menjawab pertanyaan atau tantangan dalam permainan Karnaval Seru

Pemain akan bergerak dari titik ‘mulai’, menggunakan dadu. Pada setiap langkah, pemain akan diminta untuk membaca tantangan yang ada di kartu (tantangan harus dijawab atau dilakukan). Tantangan-tantangan tersebut tentunya berkaitan dengan kegiatan mengasah kemampuan sosial emosional.

Jika pemain bisa menjalankan tantangan dengan baik, maka akan diberi rewards (penghargaan) berupa atribut-atribut yang bisa kalian pilih dan rekatkan di boneka tangan bergambar wajah Dodo si badut. Seru, deh!

Melalui permainan ini, ditekankan oleh Ibu Alia Mufida, M.Psi., Psikolog dari Mentari Anakku, diharapkan tidak hanya anak yang terbantu (untuk mengasah kemampuan sosial-emosionalnya), namun orangtua juga dapat terbantu dalam mengenal karakteristik anaknya, sehingga dapat merespons kebutuhan emosi anak dengan lebih tepat.

Permainan Karnaval Seru bisa didapatkan dengan harga Rp. 190 ribu dengan membelinya langsung lewat akun Instagram @mentarianakku dan @menthilis.

Foto: Efa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *