Mungkin Moms pernah mendengar kalimat ini. Menjadi orangtua, berarti kita harus siap belajar seumur hidup. Ya, kita tak tahu kapan ‘ujian’akan datang saat mendampingi anak-anak tumbuh dan berkembang hingga membentuk keluarga kecilnya sendiri kelak.

Dalam proses tersebut, orangtua kerap menghadapi beragam tantangan, yang rentan memicu timbulnya kelelahan, stres, hingga berkurangnya rasa percaya diri dalam hal pengasuhan anak. Terlebih selama satu tahun terakhir sejak pandemi, dimana orangtua dihadapkan dengan berbagai perubahan dan beragam situasi baru ketika sebagian besar aktivitas anak dan keluarga dilakukan di rumah.

Saskhya Aulia Prima selaku Psikolog Anak & Co-Founder TigaGenerasi menyatakan bahwa selama situasi di rumah saja dan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), orangtua menghadapi penambahan serta perubahan tugas dan aktivitas sehari-hari, ditambah lagi ketidakpastian mengenai kondisi dan situasi dunia yang tentunya juga menambah beban pikiran. “Berdasarkan data yang dilansir dari Pew Research, sebanyak 52% orang tua dengan anak berusia di bawah 12 tahun mengalami kesulitan dalam menjalankan pengasuhan di tahun 2020. Situasi ini membuat orangtua rentan mengalami ‘parental burnout’ atau kondisi kelelahan yang sangat intens dalam menjalankan pengasuhan. Ketika mengalami kondisi ini, orangtua dapat merasa jauh secara emosional dengan anak hingga meragukan kemampuan diri dalam menjalani peran sebagai orangtua,” ujarnya.

Baca juga: Tips Atasi Parental Burnout Menurut Psikolog. Lakukan BREAK

Survey yang dilakukan oleh Lazada dan Babyologist kepada lebih dari 400 Ibu di Indonesia, juga menunjukkan hal yang sejalan. Dari survey tersebut, 84% ibu merasakan kelelahan mental dan fisik selama masa PSBB. Selain itu, 87% mengaku menjadi lebih sensitif serta pernah merasa tidak percaya diri maupun gagal dalam mengasuh si kecil.

Jadwal Seminar Lazada Baby and Kids Festival

Memahami hal tersebut, dengan komitmen menjadi teman terbaik ibu dan orang tua di Indonesia, Lazada kembali menghadirkan Lazada Baby and Kids Festival, sebuah program edukasi seputar parenting dan festival belanja online perlengkapan ibu dan anak di tanggal 10-12 Maret 2021. Dalam mewujudkan inisiatif ini, Lazada berkolaborasi dengan Babyologist, sebuah komunitas Ibu di Indonesia, yang berfokus pada perjalanan kehamilan dan pengasuhan anak.

“Kami ingin menjadi teman terbaik bagi ibu-ibu di seluruh Indonesia. Kami paham orangtua di Indonesia membutuhkan dukungan, termasuk dalam menambah wawasan seputar hal pengasuhan anak. Untuk itu selama 3 hari mulai 10 Maret, kami kembali menghadirkan serangkaian seminar edukasi parenting lewat Lazada Baby & Kids Festival bekerja sama dengan Babyologist dan berbagai brand. Nanti akan ada 10 sesi seminar dengan menampilkan para ahli di bidangnya masing-masing, seperti dokter anak, psikolog sampai dengan konselor keluarga dengan topik yang disesuaikan dengan kebutuhan orangtua di masa pandemi,” jelas Lia Kurtz, VP FMCG Lazada Indonesia.

Para pembicara pada media gathering Lazada x Babyologist, hari ini (9/3)

Tahun ini merupakan tahun kedua Lazada bekerja sama dengan Babyologist dalam menjangkau para ibu di Indonesia. Tahun lalu, acara serupa mendapat respons positif dimana Lazada Kids & Baby Festival yang tayang di channel Babyologist ditonton hingga lebih dari 10.000 orang. “Tahun ini, kami hendak melanjutkan kesuksesan tersebut dengan menghadirkan beragam topik yang tidak kalah menarik dan lebih beragam. Topik tersebut mulai dari pengasuhan anak seperti perawatan bayi di masa pandemi, hingga tips untuk orangtua seperti kiat menjaga keharmonisan rumah tangga,” ujar Sherlly Yusuf selaku Co-Founder Babyologist.

Selain seminar edukasi, Lazada juga menawarkan berbagai promo menarik selama Lazada Baby & Kids Festival berlangsung. Konsumen dapat menikmati diskon hingga 50%, ribuan voucher hingga gratis ongkir ketika berbelanja perlengkapan Ibu, bayi dan anak khusus di Lazada Baby Flagship Store. Lazada Baby Flagship Store sendiri merupakan sebuah toko khusus perlengkapan Ibu dan anak di Lazada, bekerja sama dengan berbagai brand terpercaya.

“Di Lazada Baby Flagship Store, kami bekerja sama dengan lebih dari 40 brand terpercaya favorit ibu untuk menghadirkan pengalaman belanja online yang mudah dan nyaman serta produk berkualitas dengan jaminan 100% original. Mengusung konsep one stop shopping, Lazada Baby Flagship Store menyediakan beragam produk kebutuhan bayi, anak dan Ibu, mulai dari popok bayi, susu formula, mainan, sampai dengan kebutuhan MPASI. Jadi Ibu-ibu tidak perlu repot lagi mencari-cari kebutuhannya di tempat-tempat terpisah,” tambah Lia.

Melalu serangkaian aktivitas yang diusung lewat Lazada Baby & Kids Festival, Lazada berharap dapat menjadi teman terbaik orang tua dalam menjalani berbagai momen kebahagiaan menjadi orang tua, mulai dari masa kehamilan hingga pengasuhan anak, sehingga orang tua dapat mendampingi perjalanan sang anak di tahap-tahap penting kehidupannya dengan maksimal.

Nah, Moms, jangan lewatkan kesempatan ini. Berlangsung mulai Rabu, 10 Maret hingga Jumat, 12 Maret 2021. Moms bisa berbelanja sekaligus mengikuti seminar edukasi yang akan ditayangkan secara live di IG @thebabyologist.

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *