Setiap tahunnya Hari Osteoporosis diperingati tanggal 20 Oktober di seluruh dunia. Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan untuk hidup yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya dengan rutin memberikan edukasi kesehatan. “Bertepatan dengan Hari Osteoporosis Sedunia, kami mengajak masyarkat untuk menjaga kesehatan tulang sebagai upaya mencegah osteoporosis dan memelihara kesehatan tulang,” ujar Bapak Hari Nugroho, Head of External Communication & Stakeholder Relation PT Kalbe Farma Tbk.

Kalbe Ethical Customer Care (KECC) setiap tahun secara rutin memperingati Hari Osteoporosis Sedunia di beberapa kota besar, diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat mendapat pengetahuan bagaimana menjaga kesehatan tulang terkait bahaya osteoporosis sedini mungkin. “Osteoporosis adalah kondisi massa tulang berkurang (keropos) yang sering disebut Silent Killer karena bersifat diam dan sering kali tidak memiliki gejala sampai patah tulang pertama terjadi. Ada beberapa mitos osteoporosis yang beredar di masyarakat seperti hanya wanita menopause yang bisa terkena osteoporosis, osteoporosis hanya bisa terjadi pada usia tua, osteoporosis tidak menyebabkan patah tulang, penderita osteoporosis dapat merasakan tulangnya semakin lemah, nyeri sendi disebabkan oleh obesitas dan asam urat,” ujar dr. Arif Soemarjono,M.D, Sp.KFR, FASCM.

Sedangkan osteoarthritis adalah peradangan pada sendi dan bisa disebabkan oleh obesitas, tulang membesar (hipertrofi tulang) dan benjolan tulang akibat pertumbuhan berlebih (pembentukan osteofit atau spurs). Banyak upaya yang bisa kita lakukan agar terhindar dari osteoporosis dan osteoarthritis diantaranya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, berjemur di bawah sinar matahari, pola hidup sehat, berolahraga yang tidak membebani sendi seperti berjalan kaki atau bersepeda, serta konsumsi suplemen yang mengandung kalsium mampu membantu memelihara kesehatan tulang. “Adapun kebutuhan kalsium harian setiap orang berkisar 800 – 1000mg dan bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi. Namun asupan tersebut belum menjamin kebutuhan kalsium dalam tubuh sudah cukup,” ujar dr. Yulia Kowira, Senior Product Manager PT Kalbe Farma Tbk.

Kalbe memiliki berbagai suplemen yang membantu memelihara kesehatan tulang dan mengurangi osteoporosis seperti Osfit, Prove-D dan Mediflex. Suplemen ini bisa dikonsumsi setiap hari. Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa semua manusia mengalami pembentukan masa tulang sejak dalam kandungan hingga beranjak dewasa dan puncaknya pada usia 20 tahun. Pada usia 35 tahun kepadatan tulang mengalami penurunan secara perlahan hingga ke usia 50 tahun. Wanita yang telah mengalami menopause lebih berisiko terkena osteoporosis dibandingkan pria. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya kadar estrogen yang berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang. Dalam rangka Hari Osteoporosis Sedunia, KECC melakukan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui talkshow, konsultasi dokter, games, photobooth, senam bersama secara virtual, minum osfit bareng dan sesi motivasi sebagai momentum untuk melakukan kampanye global akan bahayanya osteoporosis yang bisa menyerang siapa saja.

(Foto : Ist)

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *