Merek sepeda lipat asal Inggris, Brompton, merayakan Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day yang diperingati setiap tahunnya pada 3 Juni, dengan mendorong masyarakat Indonesia lebih bahagia menggunakan sepeda. Tidak saja sebagai opsi alat bertransportasi, namun juga alat meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Hal ini sejalan dengan United Nation Development Goals yang menjadikan World Bicycle Day sebagai perayaan untuk mempromosikan penggunaan sepeda untuk transportasi berkelanjutan, gaya hidup sehat dan berdampak positif bagi lingkungan.

Bapak Kevin Wijaya sebagai Country Manager Brompton Bicycle Indonesia mendorong kepada masyarakat luas bahwa merayakan Hari Bersepeda Sedunia, sebaiknya tidak saja sebagai aksi ekspresi kegembiraan bersepeda dalam satu hari saja. “Momentum yang dirayakan serentak di seluruh dunia ini sekaligus menjadi momen yang tepat mengingatkan bahwa bersepeda membuat sehat baik fisik maupun mental, membuat bahagia, dan alat transportasi berkelanjutan yang baik bagi lingkungan. Hal itu sejalan dengan tujuan kami yaitu, “Create Urban Freedom for Happier Lives’ yang artinya Brompton ingin memberikan opsi kebebasan bagi masyarakat urban agar hidup lebih bahagia dengan beraktivitas menggunakan Brompton.”

Lebih lanjut Bapak Kevin menjelaskan pengendara sepeda perlu diberikan support system dan juga aksi kolaborasi dari berbagai pihak seperti komunitas, pelaku industri dan pemerintah agar bersepeda menjadi sebuah kegiatan keseharian rutin masyarakat yang aman, nyaman dan menyenangkan. Memahami insight itu, Brompton menghadirkan support system berupa kampanye #KotaBrompton yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih bahagia dengan menggunakan Brompton.

Sepeda lipat Brompton diciptakan sebagai opsi yang menunjang berbagai aktivitas masyarakat urban agar lebih efisien dan sehat. Brompton diciptakan sebagai commuter bike, utility bike, fun bike dan travel bike. Reliable, durable dan foldable. Saat kita lebih mudah beraktifitas dan lebih produktif, kita pun jadi lebih bahagia. Saat bahagia, orang di sekitar pun menjadi bahagia. Atas dasar itu, Brompton mendorong masyarakat luas untuk membagikan momen kebahagiaan mereka menjadi lebih bahagia beraktivitas dan lebih produktif melalui platform #KotaBrompton yang dapat diunggah melalui media sosial. Di sini mereka pun dapat sekaligus menunjukkan keindahan kota-kota di Indonesia saat beraktivitas dengan Brompton.

Bertepatan dengan World Bicycle Day, Brompton pun menyoroti bahwa salah satu cara terpenting untuk mendorong semakin banyak orang bersepeda adalah dengan terus mengedukasi pentingnya keamanan saat bersepeda kepada masyarakat. Selain itu, edukasi keselamatan bersepeda pun sebagai wujud kolaborasi dalam mendukung upaya Kementerian Perhubungan yang sebelumnya menggalakkan Pekan Keselamatan Jalan Nasional pada tahun 2021 lalu.  Beberapa tips langkah mudah keselamatan bersepeda diantaranya adalah:

  1. Perhatikan kondisi sepeda. Mulailah bangun kebiasaan secara rutin untuk mengecek kondisi sepeda sebelum bersepeda. Perhatikan semua bagian seperti rem, rantai, jok sepeda, stang, dan ban terisi angin yang memadai. Melakukan pengecekan kondisi sepeda secara berkala pun dapat membuat pengendara lebih aman dan nyaman, serta sepeda menjadi lebih awet.
  2. Menggunakan helm merupakan salah satu bentuk menjaga keselamatan pengendara yang dapat mencegah cedera kepala serius dalam kecelakaan. Pengendara juga bisa menambah pelindung diri lainnya seperti pelindung lutut, kacamata hitam dan masker.
  3. Gunakan tangan sebagai tanda lampu sein. Untuk keselamatan sesama pengguna jalan, rentangkan tangan sebelum sebagai tanda pengganti lampu sein. Beri tanda ini beberapa meter, sebelum berbelok.
  4. Bersepedalah di sisi jalan yang benar. Setiap pengendara diwajibkan untuk tertib dalam mengikuti peraturan lalu lintas agar tidak membahayakan pengendara kendaraan lain. Gunakan jalur sepeda yang tepat disediakan. Jika tidak ada jalur sepeda, gunakan jalur yang tidak berlawanan arah dengan pengendara kendaraan lain untuk menghindari tabrakan dari pengendara transportasi lain yang datang dari arah berlawanan. Dan bersepedalah di sisi tepi jalan, bukan di tengah jalan.

“Bagikan momenmu saat mengendarai sepeda Brompton, gunakan tagar #WorldBicycleDay2022 dan #KotaBrompton serta mention ke akun instagram @bromptonbicycleIndonesia, dan ajak teman dan keluarga untuk melakukan hal yang serupa,” tutup Bapak Kevin.

(Foto : Ist)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *