Berapa gelas air yang kalian minum dalam sehari, Kids? Berdasarkan standar kesehatan, anak-anak dianjurkan untuk minum sebanyak 6 gelas sehari, sedangkan orang dewasa sebanyak 7-8 gelas sehari.

Berbicara mengenai air minum, air kemasan sering menjadi pilihan air minum di era modern seperti saat ini. Tak hanya di rumah, air kemasan juga sering menjadi pilihan kala di perjalanan, mengingat akan kepraktisannya.

Air memang merupakan kebutuhan utama/vital, ya, Kids. Air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Ini dikarenakan berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80% air dan kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dari air. Oleh karenanya, hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan, sebab dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja seseorang.

Menurut dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK., Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi serta sisa metabolisme. “Dengan demikian, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif,” ujarnya.

Mengingat pentingnya air bagi tubuh, berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat meminum air dalam kemasan. “Air minum kemasan yang layak dikonsumsi memiliki kemasan atau botol yang bersih, label, dan tanggal kedaluwarsa yang jelas, serta kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya. Setelah itu, pastikan air dalam kemasan berkualitas baik, dengan tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa sebelum diminum. Dan pastinya tidak mengandung bahan berbahaya,” saran Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK., Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG).

Pada kesempatan yang sama, Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti  turut menjelaskan bahwa Danone-AQUA terus berkomitmen bersama berbagai pihak, termasuk bersama dengan IHWG dan Universitas Indonesia, serta mengajak pula beberapa universitas lain di Indonesia untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia.

“Sebagai merek kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahun Danone-AQUA selalu berusaha  memberikan kebaikan air kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Danone-AQUA memiliki misi untuk memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Misi ini sejalan dengan visi Danone, “One Planet One Health”, dimana kami percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat,” tambah Ibu Rosalina Privita, Vice President Research & Innovation PT. Tirta Investama (Danone-AQUA).

Foto: Istimewa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *