Bermain merupakan aktivitas utama bagi anak-anak, sebab bermain memberikan banyak keuntungan bagi si kecil, terutama dalam aspek perkembangan dan kecerdasan emosi.

Ibu Rosalynn Tamara, S.Sn, Dipl, Montessori, Pendiri dan Kepala Akademik Montessori Haus Asia menyampaikan bahwa bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. “Ada tiga aspek yang ditumbuhkan dalam area perkembangan emosi pada anak dalam bermain, meliputi; membangun kepercayaan diri dan rasa keberhargaan, bereksperimen dengan berbagai emosi, dan melepaskan emosi dan trauma.”

Rosalynn juga menambahkan bahwa pretend play atau bermain pura-pura merupakan suatu media bagi anak dalam melakukan eksplorasi antara imajinasi dan kenyataan dalam kehidupan mereka. “Menurut riset, anak-anak belajar melalui bermain untuk mengerahkan emosi seperti takut, cemas, sedih dan senang. Melalui bermain juga, anak usai pra-sekolah dapat menguatkan kemampuan diri dalam mengolah emosi, yang mana akan menghasilkan sosok dewasa di masa depan yang memiliki emosi stabil dan kuat,” imbuhnya.

Diungkapkan oleh Bapak Mohit Nigam, Brand General Manager dari Early Learning Centre Indonesia, banyak orangtua menganggap bahwa bermain hanya memiliki efek rekreasional pada anak, padahal bermain memiliki peranan penting untuk membantu proses perkembangan emosi sang buah hati. Ia menegaskan, pemilihan mainan sesuai usia sangatlah penting, agar si kecil dapat berkreasi dan bermain sesuai dengan tingkat perkembangan emosi dan kreativitas anak.

Sebagai gerai bermain edukatif, Early Learning Centre (ELC)  memiliki koleksi permainan pretend play seperti ELC Little Cooks Kitchen yang berfungsi mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak sebagai koki. Hadir juga ELC Big City Garage & ELC Big City Superwheels untuk anak yang gemar akan permainan automotif dan mengajaknya berimajinasi untuk menjadi pembalap. Untuk permainan jenis arts and creativity, terdapat ELC Extendable Double Sided Easel yang mengajak anak untuk meluangkan bakatnya dalam bidang menggambar. Terdapat juga ELC Soft Stuff Bumper Dough & Tool Set untuk menciptakan desain menarik dari play dough. Koleksi mainan sensory play terdapat ELC Little Senses Shape Sorter yang memiliki tekstur berbeda untuk dimainkan dengan enam bentuk dan warna yang berbeda. ELC Little Senses Light & Sounds Activity Table membantu anak dalam belajar mengenai sebab-akibat mengembangkan keterampilan motorik.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *