Tanya: Halo namaku Rico, usiaku 8 tahun. Kata kakakku, setiap tidur malam aku selalu mendengkur. Kenapa aku mendengkur ya, Dok? Apa saja penyebabnya? Bagaimana cara menghilangkannya? Gara-gara mendengkur, Kakakku jadi tidak mau tidur bareng aku lagi, nih. Terima kasihRico, Kelas 4 – Bekasi

Jawaban dari dokter Rosary:
Mendengkur dapat terjadi ketika aliran udara tidak dapat bergerak bebas melalui hidung dan mulut saat tidur. Beberapa penyebab mendengkur, antara lain adanya alergi, selesma, atau infeksi pada sinus, yang dapat menyebabkan rongga hidung tersumbat, adanya pembesaran tonsil (amandel) dan adenoid, sekat hidung yang tidak lurus, dan berat badan berlebih.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dengkuran adalah dengan mengubah posisi tidur menjadi menyamping, buat posisi kepala tempat tidur lebih tinggi dibanding badan, dan tidak makan terlalu banyak sebelum tidur. Apabila Rico memiliki alergi, untuk sementara sebaiknya menjauh dari pencetus alergi. Apabila dengkuran masih terus terjadi dan semakin keras atau berat, sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis THT atau dokter spesialis anak untuk melihat kemungkinan adanya masalah pada struktur saluran napas.

Konsultan:

dr. Rosary, Sp. A
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Jakarta Selatan

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *