“Sudah 5 hari saya tidak makan, saya juga dalam kondisi hamil. Suami sudah tidak bekerja sejak pandemi karena terkena PHK,” ujar seorang Ibu dengan suara lirih di sebuah video yang ditayangkan di kantor lembaga kemanusiaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) siang itu, Senin 3 Mei 2021. Ya, bertempat di lantai 22 Menara 165 yang berlokasi di Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan, semua yang hadir sontak meneteskan air mata menahan haru. Terlebih lagi Bapak Ibnu Khajar, Presiden ACT.

“Di Jakarta, masih ada orang yang 5 hari tidak makan. Ini Ramadan tahun ke-2 saat pandemi. Ramadan ini harus jadi momentum luar biasa. Untuk itulah di 10 hari terakhir Ramadan ini bantuan pangan akan lebih kita gencarkan. Layanan telepon bebas pulsa 08001165228 dibuka selama 24 jam,” terang Bapak Ibnu.

Ya, 16 tahun sudah ACT membersamai umat manusia yang mengalami kesusahan. Dimana ada bencana di situ pula ACT hadir. Tak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Dan di momen Ramadan ini, secara khusus ACT menghadirkan program Ramadan Care Line untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan makanan. Program tersebut dibuat karena banyaknya masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sehingga mengalami kesulitan ekonomi.

Oleh karena itu, lewat nomor telepon bebas pulsa 08001165228, siapa saja bisa melakukan panggilan untuk meminta bantuan bahan makanan. Menurut Bapak Ibnu, Ramadan tahun lalu, setiap pukul 00.00-03.00 dini hari, ada lebih dari 5.000 orang yang menelepon untuk meminta bantuan makanan. “Jangan-jangan kejadian serupa akan terulang. Inilah yang membuat ACT kemudian membuka layanan selama 24 jam. Lebih dari 642 relawan kita gerakan,” kata Bapak Ibnu.

Ditambahkan oleh Bapak Pungki Martha Kusuma, Kepala Wakaf Distribution Center ACT, bantuan pangan ini bukan hanya sekadar bantuan, melainkan juga untuk membangun sebuah ekosistem ekonomi. “Karena kita membantu mulai dari petani dengan membeli berasnya, lalu kita distribusikan pada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Bapak Pungki.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *