Travelok EPIC SALE, Wujudkan Impian Liburan dan Pengalaman Hiburan Keluargamu dengan Diskon Hingga 80 Persen

Siapa di sini suka makan buah dan sayur? Wah, kalau kamu termasuk di antaranya, pertahankan terus kebiasaan baik tersebut ya, Kids.

Peranan buah dan sayur bagi tubuh manusia banyak sekali karena mengandung vitamin dan mineral (vitamin A, C, E, asam folat, zinc, magnesium, kalsium, dan potasium), enzim pencernaan, serat, dan air yang dibutuhkan oleh tubuh. Keseluruhan kandungan sayuran dan buah tidak bisa kita temukan dalam suplemen kesehatan.

Jadi, salah besar kalau ada opini yang menyebutkan bila teman-teman tidak suka sayuran atau buah, bisa mengonsumsi suplemen kesehatan saja.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi buah dan sayur yang memegang peranan penting dalam proses pencernaan. Ini dikarenakan buah dan sayur mengandung serat yang akan membantu pencernaan (mengandung enzim pencernaan) dan  enzim-enzim prebiotik untuk mempermudah penyerapan sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Peranan lainnya, kandungan serat pada sayuran dan buah adalah untuk menjaga kadar gula, lemak darah, dan bisa mengenyangkan.

Agar mendapatkan manfaat maksimal dari buayh dan sayur, ikuti tips berikut ini ya, teman-teman:

  • Konsumsilah sayur dan buah secara rutin setiap hari
  • Minimal makan 3 porsi sayur dan 2 porsi buah per hari. Satu porsi sayur setara dengan semangkuk kecil sayur dan satu porsi buah setara dengan satu potong buah ukuran sedang
  • Konsumsilah beragam sayur dan buah sehingga vitamin dan mineral yang kita dapatkan beragam

Nah, mulai sekarang, jangan malas makan buah-buah dan sayur-sayuran, ya?

Sumber: JFK, Ilustrasi: Novi Chrisna

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *