“Siapa yang mau jadi atlet basket NBA? Mau jadi atlet di sini atau di luar negeri?” tanya Bapak Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta pada ratusan siswa yang pagi itu memenuhi lapangan basket GOR Soemantri Brodjonegoro, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Para siswa itu pun serentak tunjuk tangan seraya menjawab mau di luar negeri. Hehe..

Ya, Kamis, 17 Oktober 2019 lalu, NBA (National Basketball Association) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memadukan kurikulum olahraga basket serta pengembangan kebugaran Jr. NBA dengan kurikulum, di 3100 sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta. Ini adalah kali pertama NBA memulai inisiatif seperti ini di Asia Tenggara.

NBA dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama-sama akan memadukan kurikulum Jr. NBA dengan kurikulum pendidikan jasmani di sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler untuk memberikan pelatihan olahraga basket dan kebugaran umum kepada sekitar 1,5 juta siswa pada tahun 2020. Kurikulum Jr. NBA, panduan yang khusus dirancang untuk meningkatkan pengalaman olahraga remaja dan mengajarkan olahraga basket kepada pemain di semua tahapan pengembangan keahlian, akan dilengkapi dengan lebih dari 300 video tutorial. Para pelatih dan guru olahraga dapat mengakses kurikulum dan video tutorial Jr. NBA itu melalui laman jrnba.asia atau dengan mengunduh aplikasi Akademi Pelatih Jr. NBA (Jr. NBA Coaches Academy) di App Store dan Google Play Store.

Kolaborasi tersebut diresmikan oleh Managing Director NBA Asia, Mr. Scott Levy dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bapak Syaefuloh Hidayat melalui penandatanganan Kesepakatan Bersama di GOR Soemantri Brodjonegoro. Program tersebut sekaligus memperluas kolaborasi NBA dengan pemerintah daerah di Indonesia dalam meningkatkan kesehatan remaja melalui olahraga basket dan menekankan peran penting olahraga dalam pengembangan generasi muda di Tanah Air.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung upaya NBA untuk terus meningkatkan kesehatan dan mendorong gaya hidup aktif generasi muda melalui permainan basket,” ujar Bapak Anies Baswedan. “Kami menaruh perhatian sangat besar pada pendidikan olahraga dan kami menyadari potensi signifikan dari kurikulum Jr. NBA dalam membentuk generasi masa depan Indonesia,” tambahnya.

“Kami sangat menghargai dukungan penuh Bapak Anies Baswedan selaku Gubernur Provinsi DKI Jakarta terhadap NBA di Indonesia,” ujar Mr. Levy. “Dukungan Gubernur Provinsi DKI Jakarta memperkuat komitmen jangka panjang kami dalam mengembangkan generasi muda lebih aktif dan sehat melalui olahraga basket. Hal ini juga membantu kami memberikan dampak positif bagi jutaan anak-anak laki-laki dan perempuan di Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya lagi.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *