Memiliki foto kenangan masa kecil memang menyenangkan. Berkat kamera foto, kenangan saat masih bayi, merayakan ulang tahun atau pun sedang liburan bisa diabadikan lewat selembar foto. Bahkan, kita bisa mengoleksinya di komputer karena sekarang foto sudah berbentuk digital.

Aristoteles-336 SM

Sebenarnya, usaha manusia untuk mengabadikan apa yang dapat terlihat oleh mata sudah diusahakan sejak 336 Sebelum Masehi (SM). Kala itu, Aristoteles memperkenalkan teknologi ‘Lubang Jarum’. Aristoteles mengatakan bahwa cahaya yang melewati lubang kecil akan membentuk kesan atau gambar. Cara inilah yang dijadikan dasar yang terus digunakan dalam pengembangan teknologi fotografi.

Alhazen-Abad 11

Pada abad ke-11, seorang ilmuwan muslim bernama Alhazen menciptakan kamera obscura. Dia menggunakan sebuah ruangan khusus yang dilengkapi dua lensa untuk memantulkan cahaya.

Roger Bacon-1267

Tahun 1267, kamera obscura dikembangkan oleh Roger Bacon. Ia menambahkan cermin sehingga menghasilkan gambar yang diinginkan.

Robert Boyle dan Robert Hooke-1660

Pada tahun 1660-an, kamera berkembang lagi seiring dengan penemuan yang dilakukan oleh Robert Boyle dan Robert Hooke. Keduanya menciptakan kamera obscura portable (bisa dibawa kemana-mana). Penemuan ini disempurnakan lagi oleh Johann Zahn. Kamera ini biasa kita lihat pada film-film zaman dulu, yang menggunakan lampu kilat meledak dan mengeluarkan asap.

Louis Jacques Mande Daguerre-1837

Orang yang sangat berjasa dalam penyempurnaan kamera adalah Louis Jacques Mande Daguerre pada tahun 1837. Saat itu, orang bisa mencetak hasil jepretan kamera dengan menggunakan kamera yang dibuat Daguerre.

Edwin Land-1947

Perkembangan kamera kemudian berlangsung pesat. Tahun 1947, Edwin Land menciptakan kamera Polaroid yang mampu mencetak hasil foto tanpa harus menggunakan film.

Kodak-1990

Barulah pada tahun 1990, Kodak memperkenalkan kamera digital pertama di dunia. Dengan kamera ini, kamu bisa dengan mudah memindahkan hasil foto ke komputer dan langsung di-upload ke facebook kamu.

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *