Virus Corona menjadi perbincangan dimana-mana, ya, Kids? Virus tersebut dikabarkan pertama kali teridentifikasi pada tahun 2019, sehingga disebut Novel Coronavirus (2019-nCov). Akan tetapi, fakta baru terungkap bahwa virus corona telah ditemukan sejak tujuh tahun lalu.

Bermula pada September 2012 dimana seorang dokter salah satu rumah sakit di Arab Saudi, dipecat karena melaporkan virus corona jenis baru yang mematikan. Virus itu diduga sama dengan Novel Coronavirus.

Dokter yang bernama Ali Mohamed Zaki tersebut merupakan ahli virus yang pernah bekerja di Rumah Sakit Dr Soliman Fakeeh di Jeddah, Arab Saudi.

Kala itu, Ali Mohamed Zaki mendapat telepon dari seorang dokter yang mengkhawatirkan seorang pasiennya karena menderita pneumonia akut. Sang dokter ingin agar Zaki mengidentifikasi penyakit pasien tersebut. Zaki pun kemudian memeriksa dahak pasien yang usianya sudah 60 tahun itu. Zaki melakukan identifikasi lewat tes laboratorium biasa. Setelah menjalani rangkaian tes, namun hasilnya negatif.

Zaki lalu mengirim sampel ke laboratorium virologi terkemuka di Erasmus Medical Centre di Rotterdam, Belanda. Sambil menunggu, Zaki mencoba satu tes lagi dan ternyata hasilnya positif. Virus tersebut menunjukkan agen infeksi milik keluarga patogen yang disebut Coronavirus atau Virus Corona dimana masih satu keluarga dengan virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *