Selama ini kalian pasti mengira bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. Namun, ternyata penemu alat komunikasi yang banyak digunakan sampai saat ini bukan dia, lho.

Penemu telepon sebenarnya adalah Antonio Santi Giusppe Meucci. Pria berkebangsaan Italia ini lahir di San Frediano, Italia, pada 13 April 1808. Ia hobi sekali menyelidiki tentang pembuatan barang-barang. Selain itu, ia juga mengembangkan setrum listrik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit.

Cerita bermula pada tahun 1850. Pria yang akrab disapa Meucci ini pindah ke New York dan jatuh miskin. Meski begitu, ia terus berusaha menyempurnakan penemuannya, yaitu telepon. Karena sakitnya bertambah parah dan perekonomian sedang sulit, istri Meucci pun menjual beberapa alat ciptaannya dengan harga murah untuk pengobatan.

Tak Punya Biaya

Setelah sembuh, Meucci melanjutkan penyempurnaan alat temuannya, telepon. Namun, karena tak memiliki biaya, ia hanya membeli hak paten sementara yang berlaku setahun untuk penemuannya tersebut. Ia pun memberikan data-data dan contoh penemuannya pada perusahaan telegraf Western Union.

Gelar Penemu

Tak disangka, pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang gelar penemu telepon pertama di dunia. Lebih dari seabad, seluruh penjuru dunia mengenal Bell sebagai penemu telepon. Tapi, akhirnya pada tanggal 11 Juni 2002 di Kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon yang asli.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *