Mendengar kata ‘Sukhoi’, pasti mengingatkan kita tentang pesawat. Ya, Sukhoi adalah sebuah perusahaan di Rusia yang memroduksi berbagai jenis pesawat. Salah satunya adalah pesawat tempur.

Nama Sukhoi diambil dari pendirinya, yakni Pavel Osipovich Sukhoi. Sukhoi lahir di Hlybokaye, Belarus, pada 22 Juli 1895. Ia pernah kuliah di Universitas Negeri Belarusia bidang transportasi. Tahun 1915, Sukhoi pindah ke Moskow dan melanjutkan sekolahnya.

Spesialis Pesawat Tempur

Sukhoi sempat ditarik ke Angkatan Darat Kekaisaran Rusia. Namun, karena memiliki masalah kesehatan, ia kembali ke Moskow dan menjadi insinyur. Sukhoi mulai bekerja di sebuah perusahaan pembuat pesawat. Berkat prestasinya merancang pesawat Tupolev ANT-25, pembom TB-1, dan TB-3, ia diangkat menjadi Kepala Departemen Desain Pesawat.

Pada September 1939, Sukhoi mendirikan departemen desain sendiri atas namanya. Biro Desain Sukhoi ini mulai merancang dan membuat pesawat, khususnya pesawat tempur. Kini, pesawat jenis Sukhoi sudah digunakan oleh banyak negara. Indonesia pun sudah memiliki beberapa pesawat tempur Sukhoi. Sayangnya, kesuksesan pesawat tempur Sukhoi tak sempat disaksikan sang pendiri. Karena Pavel Sukhoi meninggal pada tahun 1975 di Moskow. (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *