Isaac Newton atau Alexander Graham Bell, nama-nama penemu yang cukup familiar di telinga, ya? Nah, kita juga harus bangga dan ingat, nih, nama-nama penemu khususnya penemu teknologi di Indonesia yang juga tidak kalah hebatnya. Diantaranya:

  1. M. Sedyatmo (Penemu Pondasi Cakar Ayam)

Lulusan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1934 ini berhasil menemukan sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam. Salah satu tempat yang menggunakan pondasi tersebut adalah landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta.

  1. Yogi Ahmad Erlangga (Penemu Rumus Matematika dalam Perminyakan)

Alumni Teknik Penerbangan ITB 1993 ini berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara cepat (robust). Dari temuannya, persamaan Helmholtz yang digunakan dalam pemrosesan data seismik, menjadi seratus kali lebih cepat. Bagi perusahaan minyak, metode tersebut terbukti lebih baik dan cepat daripada yang biasa digunakan.

  1. Randall Hartolaksono (Penemu Bahan Bakar Anti-panas dan Anti-api)

Lulusan dari University of London ini sempat mengenyam pendidikan formal di SMA Pangudi Luhur, Jakarta. Ia berhasil menemukan bahan yang banyak digunakan perusahaan otomotif dunia seperti Petronas dan Ford. Ia berhasil menciptakan bahan anti api dan anti panas dari kulit singkong, lho!

  1. Muhammad Nurhuda (Penemu Kompor Ramah Lingkungan)

Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya, Jawa Timur ini sukses menciptakan kompor ramah lingkungan. Kompor ramah lingkungan ciptaan alumnus Fakultas MIPA UGM tahun1989 ini juga telah menarik perhatian negara-negara Asia Pasifik dan Amerika.

  1. Tjokorda Raka Sukawati (Penemu Sistem Penyangga Jalan Layang)

Lulusan pendidikan Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung tersebut merupakan insinyur Indonesia yang menemukan konstruksi Sosrobahu atau sistem Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH). Sistem tersebut memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas pada saat pembangunannya. Temuannya bahkan digunakan oleh insinyur Amerika Serikat untuk membangun jembatan di Seattle. Keren, ya!

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *