Vaksinasi COVID-19 pada anak menjadi modal besar untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak, serta untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak, khususnya aktivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Vaksinasi adalah salah satu pemenuhan hak anak dalam hal pemenuhan akses kesehatan, agar mereka tumbuh menjadi generasi maju. Data memaparkan, 9 dari 10 anak di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam hal pemenuhan akses pendidikan, nutrisi, dan juga kesehatan. Untuk itu, perlu adanya dukungan semua pihak agar proses percepatan peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 khususnya pada anak, bisa berjalan dengan baik.

Guna mendukung program pemerintah, Danone Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berkoordinasi erat dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana dan juga Dinas Kesehatan setempat menggelar Sentra Vaksinasi Anak Generasi Maju dari tanggal 2-4 Februari 2022 yang berlokasi di Gedung Sekoper Cinta, Bandung. Sentra Vaksinasi Generasi Maju menyiapkan 1.000 dosis vaksin COVID-19 jenis Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Daerah Provinsi Jawa Barat Ferry Sofwan Arif, Ketua Umum Sekoper Cinta Atalia Praratya Ridwan Kamil, dan Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto meresmikan Sentra Vaksinasi Generasi Maju sebagai salah satu langkah untuk mempersiapkan SDM unggul melalui dukungan percepatan peningkatan cakupan vaksinasi.

Di kesempatan yang sama, Ketua Sekoper Cinta Atalia Praratya Ridwan Kamil melantik Kepala Sekolah Sekoper Cinta yaitu Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita yang bisa menjadi solusi dan langkah preventif untuk masalah kekerasan, eksploitasi, serta diskriminasi terhadap perempuan. Selain itu, dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman strategis dengan berbagai pihak.

 

“Pada hari ini kita akan melaksanakan kick off vaksinasi anak bersama dengan Danone Indonesia, diharapkan kegiatan ini bisa mempermudah akses, khususnya untuk para peserta didik agar mendapatkan perlindungan terbaik. Dengan situasi saat ini, mari kita bersama-sama memproteksi diri termasuk keluarga kita, mari kita bergandengan tangan untuk perempuan berdaya dan anak juara melalui Sekoper Cinta dan Sentra Vaksinasi Anak Generasi Maju,” ujar Ketua Umum Sekoper Cinta Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Sementara Asisten Administrasi Umum Daerah Provinsi Jawa Barat Ferry Sofwan Arif yang menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, memaparkan, “Upaya untuk melawan pandemi ini adalah melalui vaksinasi, salah satunya dengan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Saat ini vaksinasi dosis pertama di Jawa Barat mencapai lebih dari 33 juta jiwa atau 87,2%, sementara dosis kedua mencapai 22,1 juta atau 58%. Diharapkan Sentra Vaksinasi Anak Generasi Maju ini akan mendorong ketercapaian vaksinasi dosis satu dan dua di Jawa Barat. Inilah upaya-upaya kita bersama, dengan harapan semoga vaksin pada anak ini akan mendorong aktivitas yang lebih aktif lagi.”

Dilansir dari situs resmi Vaksin Kemenkes, hingga akhir Januari 2022 kelompok anak usia 6-11 tahun di Provinsi Jawa Barat yang telah menerima vaksin dosis 1 mencapai lebih dari 4 juta anak. Sedangkan yang telah mendapatkan vaksin dosis 2 mencapai lebih dari 500 ribu anak.

“Vaksinasi anak merupakan salah satu modal besar untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak, khususnya aktivitas pembelajaran, dan merupakan upaya dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak. Kegiatan sentra Vaksinasi Generasi Maju ini juga merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung pemenuhan hak anak yaitu akses kesehatan dan nutrisi, serta tentunya untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan cakupan vaksinasi. Danone Indonesia percaya bahwa semua anak mempunyai hak yang sama, baik akses kesehatan, nutrisi dan pendidikan. Tidak boleh ada anak yang tertinggal, agar bisa menjadi anak yang sehat, Anak Generasi Maju,” ujar Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto.

Selama masa pandemi COVID–19, Danone Indonesia berkomitmen untuk membantu pemerintah Indonesia dalam penanggulangan pandemi COVID-19 dengan menyalurkan donasi senilai Rp 56 miliar melalui berbagai stakeholder dalam bentuk ambulance, alat medis, dukungan hidrasi, dan fasilitasi tempat isolasi mandiri. Hingga Kini Danone Indonesia juga telah mendukung fasilitasi pelaksanaan di 96 sentra vaksinasi di 27 kota di Indonesia.

“Dari tahun ke tahun, Danone Indonesia terus konsisten berkomitmen melakukan berbagai aksi nyata yang berkelanjutan untuk mendukung tumbuh kembang maksimal anak Indonesia. Terlebih lagi di masa pandemi yang memberikan tantangan lebih besar dalam upaya memastikan kesehatan anak tetap terjaga dengan baik,” tutup Ibu Vera.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *