Pada hari Kamis, 23 Juni 2022, puluhan ibu-ibu tampak memenuhi kantor Kantor Kepala Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Dari tempat duduknya masing-masing, mereka tampak serius mengikuti edukasi pelatihan pembuatan kompos.

Ya, hari itu, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang jatuh pada  bulan Juni 2022, Damai Putra Group kembali melakukan kegiatan Corporate Social  Responsibility (CSR) dengan tema “Pengelolaan Sampah Lingkungan untuk  Pemberdayaan Kader Posyandu Kecamatan Tarumajaya”.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara Damai Putra Group (DPG) dengan Kecamatan Tarumajaya dan Kelurahan  Segarajaya yang melibatkan sekitar 54 orang kader Posyandu. Acara yang berlangsung selama 2 jam mulai pukul 14.00 – 17.00 WIB tersebut terdiri dari 2 sesi, yakni sesi edukasi pembuatan pupuk kompos, serta edukasi pembuatan taplak meja dari sampah rumah tangga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut adalah Ibu Siti Saodah (istri dari Lurah Segara Jaya), Bapak Ajo. S. AG. MM (Sekretaris Kecamata Tarumajaya), Ibu Ratih Rudianto (Penggiat Gerakan Mengkompos) dan Ibu Ratna (Founder Sahabat Sampah Bekasi), serta Ibu Monique Hardjoko (GM Corporate Marketing Communications Damai Putra Group).

“Hari ini DPG menyelenggarakan CSR Damai Putra Peduli bekerja sama dengan Kecamatan Tarumajaya dan Kelurahan Segarajaya. Bersama perwakilan dari kader Posyandu, kami mengadakan pelatihan pengelolaan sampah, khususnya sampah rumah tangga. Hari ini agendanya adalah edukasi mengelola sampah rumah tangga basah, lalu edukasi mengelola sampah rumah tangga plastik,” jelas Monique Hardjoko, GM Corporate Marketing Communications Damai Putra Group.

Inisiasi DPG  tersebut disambut sangat baik oleh pemerintah dalam hal ini kecamatan Tarumajaya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada DPG yang telah menyelenggarakan pelatihan pengelolaan sampah lingkungan, khususnya sampah keluarga dalam rangka pemberdayaan kader Posyandu di desa Segarajaya kecamatan Tarumajaya,” imbuh Ajo. S. AG. MM, Sekretaris Kecamatan Tarumajaya.

Lebih lanjut Ajo berharap agar agenda tersebut tidak hanya sebatas seremonial dan menghasilkan sebuah kerajinan saja, melainkan bisa konsisten menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. “Terutama dalam hal mengurangi tumpukan sampah-sampah yang berserakan di pinggir jalan sebagai sampah liar. Selain itu, diharapkan kegiatan ini juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dari hasil kerajinan yang dibuat oleh kader-kader posyandu tersebut,” harap Ajo.

Hal senada disampaikan oleh Siti Saodah, istri dari Lurah Segarajaya. “Semoga ke depan, kegiatan pelatihan ini bisa semakin memberdayakan kader Posyandu sehingga semakin menjadi kreatif, produktif dan inisiatif,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Damai Putra Group juga memberikan donasi berupa beberapa alat kesehatan seperti timbangan bayi digital, alat ukur tensi digital dan alat ukur tinggi bayi untuk kebutuhan Posyandu Kecamatan Tarumajaya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu kebutuhan  masyarakat sekitar kawasan yang dikembangkan oleh Damai Putra Group dan  menambah wawasan baru seputar pengelolaan sampah rumah tangga terutama bagi  para kader Posyandu Kecamatan Tarumajaya,” tutup Monique Hardjoko.

Kegiatan CSR Damai Putra Peduli tersebut dilakukan di dekat kawasan yang dikembangkan oleh DPG yaitu Kawasan Segara City seluas 110 Ha. Kawasan Segara City merupakan kawasan hunian yang terintegrasi  dengan area komersial sentra bisnis terpadu. Kegiatan ini juga sejalan dengan value  Damai Putra Group yaitu People & Sustainability dan misi Perusahaan untuk turut  berperan serta membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Damai Putra Group sendiri pada akhir bulan ini tepatnya pada tanggal 26 Juni 2022 akan  mengadakan Open House dalam rangka peluncuran Cluster baru rumah 2 lantai di kawasan Tera Damai yaitu Cluster Elora. Cluster Elora merupakan Cluster kelima di  kawasan Tera Damai dimana 4 Cluster sebelumnya sudah sold out 100%.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *