Ternyata, keberadaan hutan mangrove itu sangat bermanfaat untuk kelestarian lingkungan hidup, lho, Kids! Di antaranya, mencegah abrasi dan tsunami. Sayangnya, di Jakarta, 85 persen hutan mangrove sudah menghilang.

L’Oréal Indonesia kembali menunjukkan komitmen berkelanjutan dari perusahaan yakni Sharing Beauty With All, melalui digelarnya L’Oréal Citizen Day. Tahun 2019 ini adalah tahun ke-10, acara ini digelar. Mengangkat  tema tentang lingkungan, dan berfokus pada kepedulian terhadap konservasi alam, L’Oréal Citizen Day memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk merasakan pengalaman lain di luar rutinitas pekerjaan, sekaligus secara sukarela berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Ratusan karyawan L’Oréal Indonesia menanam lebih dari lima ribu pohon mangrove di dua lokasi yakni di Taman Wisata Alam, Pantai Indah Kapuk Jakarta dan Muara gembong, Bekasi.

“L’Oréal Indonesia secara konsisten ingin menunjukkan komitmen tinggi dan solidaritas dari para karyawan terhadap komunitas serta lingkungan sekitar. Citizen Day bisa dikatakan menjadi inti dari budaya dan kebanggaan kami sebagai sebuah korporasi,” ujar Mr. Umesh Phadke, Presiden Direktur L’Oréal Indonesia.

Selain karyawan, Citizen Day 2019 juga melibatkan para brand ambassador, yakni Kak Shireen Sungkar, Kak Mellya Baskarani, Kak Bella Almira, dan Kak Rizky Nazar. Mereka berbaur dengan para karyawan dan secara aktif bergotong-royong terlibat dalam beragam kegiatan, mulai dari: pembuatan bibit mangrove, penanaman mangrove, hingga membersihkan lingkungan di sekitar taman wisata alam.

Para brand ambassador beserta Mr. Umesh dan Kak Iben yang ditemui saat acara L’Oréal Citizen Day

Sebagai bentuk keseriusan untuk berperan dalam kelestarian alam melalui Citizen Day, tahun ini L’Oréal Indonesia bekerjasama dengan The Nature Conservancy, Sebumi, serta Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Salah satu lokasi Citizen Day tahun ini, yakni Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk, merupakan satu-satunya kawasan mangrove yang tersisa di Teluk Jakarta. Sementara lokasi lainnya, yakni Kawasan Muara gembong Bekasi adalah lokasi penanaman mangrove yang direkomendasikan oleh pemerintah.

“Hutan mangrove bermanfaat besar untuk mencegah abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut ke daratan, karena 40-50 persen penduduk Indonesia tinggal di daerah dekat pantai. Indonesia memiliki kawasan hutan mangrove seluas 3 juta hektar atau 20 persen dari total luas kawasan hutan mangrove dunia, artinya kelestariannya patut dijaga. Di Jakarta, 85 persen hutan mangrove sudah menghilang dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, yang tersisa satu-satunya adalah lokasi L’Oréal Citizen Day 2019 ini ” ujar Kak Iben Yuzenho, founder Sebumi.

“Hutan mangrove yang berada di Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk ini bisa diibaratkan sebagai benteng, sebab berada di pesisir sungai-sungai yang bermuara ke laut. Penanaman mangrove menjadi sebuah langkah nyata yang bisa kami lakukan sebagai bentuk kontribusi dan cerminan tanggung jawab perusahaan yang dituangkan pada kegiatan para karyawan L’Oréal Indonesia. Kami yakin, aksi sekecil apapun akan berdampak baik untuk masa depan, terutama turut menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” pungkas Mr. Umesh.

(Foto : Dok. Loreal)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *