Hutan sangat penting untuk keberlangsungan makhluk hidup, Kids. Selain sebagai sumber oksigen, hutan pun sangat berguna bagi perekonomian, salah satunya sebagai sumber bahan baku kertas dan tissue. Sudah selayaknya, kita pun harus menjaga kelestarian hutan. Tak harus pergi ke hutan, dari rumah pun kita bisa ikut peduli hutan. Bagaimana caranya, ya?

Langkah sederhana yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan menghemat penggunaan kertas dan tissue. Hal itu sudah menunjukkan bahwa kita peduli akan kelestarian dan keberlangsungan hutan. Itu pulalah yang coba dilakukan oleh Forest Stewardship Council (FSC), organisasi internasional non profit yang mendorong pengelolaan hutan secara bertanggung jawab.

Di tahun 2018 ini, mereka kembali melakukan program edukasi ke sekolah-sekolah dengan tema “FSC Goes To School”. Tujuannya adalah, memberikan edukasi terkait pentingnya keberlanjutan hutan dan lingkungan kepada anak-anak sekolah atau pelajar, orang tua murid, dan juga para guru.

Dengan menggandeng Tetra Pak Indonesia (perusahaan yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan serta minuman), kegiatan dilakukan di lima titik wilayah Jabodetabek. Para pelajar diajak untuk mengenali produk yang sustainable (berkelanjutan) melalui Program Peduli Hutan Berawal dari Rumah.

“Program ini merupakan program baru yang dilaksanakan sejak tahun 2017. Pengetahuan lingkungan sejak di bangku sekolah, merupakan hal penting bagi tumbuhnya kesadaran lingkungan pada anak,” ungkap Ibu Indra Setia Dewi, Manager Marketing & Communications FSC Indonesia.

Program “FSC Goes To School” dilakukan selama satu hari di setiap lokasi. Diisi dengan berbagai edukasi yang berkaitan dengan hutan dan lingkungan. Edukasi dilakukan dalam bentuk fun games dan creative games sehingga lebih menarik dan mudah diserap para pelajar.

Tak hanya itu, para pelajar juga dibekali kreativitas untuk melakukan proses daur ulang kemasan bekas atau sampah dari kertas dan karton minuman. “Pada program ini, Tetra Pak Indonesia juga menyebarluaskan program pengumpulan kemasan karton bekas minuman yang telah lama dilakukan, dengan tujuan dapat memberikan edukasi secara langsung kepada pelajar terkait pemilahan sampah dan menambah titik-titik lokasi pengumpulan,” jelas Bapak Reza Andreanto, Environment Manager Tetra Pak Indonesia.

SD Avicenna Jagakarsa, Jakarta Selatan, salah satu sekolah terbaik di Jakarta, terpilih menjadi sekolah yang beruntung, dikunjungi oleh FSC Indonesia dan Tetra Pak. Acara diisi dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari senam bersama, creative building, fun games, creative games, storytelling hingga seminar bersama para orang tua. “Edukasi tentang pengelolaan hutan dan peduli lingkungan, menjadi salah satu edukasi yang juga kami ingin sampaikan kepada siswa siswi di sekolah kami. Kami ingin program ini dapat dilakukan secara konsisten dan berkala dari lembaga, organisasi, dan perusahaan lainnya,” harap Bapak Drs. H. Adil Setiadji, Kepala Sekolah SD Avicenna Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Foto: Istimewa

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *