Idul Adha/Idul Qurban tahun ini dirayakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Untuk itulah, demi menjamin keamanan penyembelihan hingga distribusi hewan Qurban, lembaga kemanusiaan Global Qurban-ACT (Aksi Cepat Tanggap) melakukan pemotongan Qurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Cakung, Jakarta Timur.

Penyerahan hewan Qurban secara simbolis (Ki-Ka): Direktur Utama Bank Syariah Bukopin (Dery Januar), Wagub DKI Jakarta (Ahmad Riza Patria), dan Presiden ACT (Ibnu Khajar)

Berkolaborasi dengan Pemprov DKI, RPH PD Dharma Jaya, dan Bank Syariah Bukopin (BSB), ACT akan menyembelih 1000 ekor sapi dari para donatur Qurban. “Kerja sama ini juga menjadi bagian dari program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) yang diinisiasi Pemprov DKI Jakarta sejak Ramadan lalu sebagai respons terhadap dampak sosial ekonomi dari pandemi Covid-19. Pelaksanaan Qurban tahun ini harus dilakukan berdasarkan protokol Covid-19, termasuk juga proses penyembelihan, pengemasan, hingga sampai ke tangan penerima manfaat. Dengan begini, hikmah Qurban diharapkan bisa sampai hingga ke penerima daging Qurban. Dan ini menjadi prosedur standar yang akan diterapkan oleh Global Qurban-ACT di 43 cabang Indonesia,” terang Bapak Ibnu Khajar, Presiden ACT. “Kami targetkan bisa kembali menjangkau masyarakat yang membutuhkan di 34 provinsi di Indonesia dan 32 negara miskin serta terdampak krisis kemanusiaan. Masyarakat bisa membeli hewan Qurban berkualitas melalui laman globalqurban.com atau melalui Agen Qurban. Dalam setiap hewan Qurban yang dibeli, pe-Qurban tidak hanya membagikan maslahat Qurban kepada warga prasejahtera di berbagai penjuru Indonesia dan dunia, namun juga memberdayakan peternak, pelapak, dan masyarakat lainnya yang turut terkena imbas sosial ekonomi dari pandemi Covid-19,” tambahnya.

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria

Wagub DKI Jakarta, Bapak Ahmad Riza Patria, menyambut baik apa yang dilakukan oleh ACT. “Ini memberikan kontribusi signifikan pada masyarakat terutama saat pandemi. Saya yakin RPH PD Dharma Jaya memenuhi persyaratan teknis dan juga mampu memotong hewan Qurban dalam jumlah yang banyak. Sebelumnya, harus dilakukan pemeriksaan sehingga hewan Qurban dalam keadaan sehat dan diberikan tanda khusus agar mudah diketahui masyarakat. Kini, pedagang diharapkan tidak berjualan di trotoar dan lahan kosong karena corona juga berpotensi menyebar melalui udara,” ujarnya. “Meneladani Nabi Ibrahim AS, saya bangga karena masih banyak masyarakat sukarelawan bisa tetap eksis bahkan di tengah merosotnya ekonomi. Di ACT justru jumlah donatur naik 150 persen lebih dan nilainya meningkat 9 persen. Ini memotivasi bahwa gerakan apapun yang diniatkan dengan baik, niat ibadah hanya kepada Allah, inilah saatnya membuktikan bahwa kita masyarakat sosial, masyarakat yang taat agama, peduli, dan perhatian terhadap sesama. Kita patut bangga, Indonesia memiliki tingkat kepedulian yang tinggi bahkan terbaik di dunia, terbukti 60 persen lebih masyarakat kita telah memberikan sumbangsihnya terhadap sesama,” ucap Bapak Ahmad Riza Patria.

Direktur Utama RPH PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman

Tidak hanya Pemprov DKI, pihak RPH pun turut menyambut baik kolaborasi ini. Seperti yang dituturkan oleh Direktur Utama RPH PD Dharma Jaya, Bapak Raditya Endra Budiman. “Ini merupakan wujud nyata kolaborasi yang didengungkan oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta. Dilanjutkan dalam berbagai kesempatan. Saya senang, bersyukur, dan support atas kepercayaan ACT, Pemprov DKI Jakarta, dan pihak bank yang mendukung pelaksanaannya,” ujar Bapak Raditya.

Dirut BSB bersama Presiden ACT meninjau sapi-sapi untuk Qurban

Dalam acara launching program “Labbaik BerQurban Terbaik” di hari Kamis, 16 Juli 2020 itu, Bank Syariah Bukopin (BSB) juga turut hadir mendukung dan melakukan sinergi dengan ACT.  Sebagai mitra ACT, BSB dapat menyalurkan hewan Qurban bagi nasabah Tabungan BSB yang ingin berQurban melalui ACT, di Hari Raya Idul Adha.

Dery Januar, Direktur Utama Bank Syariah Bukopin

“Sinergi ini dilakukan untuk memberikan pilihan kemudahan bagi nasabah Tabungan BSB yang ingin berQurban tetapi ingin disalurkan kepada yang berhak menerimanya. Dan kami hari ini juga menyerahkan secara simbolis, hewan Qurban dari BSB untuk mendukung program ACT,” ucap Bapak Dery Januar, Direktur Utama BSB. “Program Tabungan untuk berQurban ini merupakan program menarik dari BSB bagi nasabah, yang dinamakan “Tabungan Berhadiah Langsung dan Pilih Sendiri Hewan Qurbannya”. Program ini untuk nasabah yang membuka rekening tabungan iB SiAga ataupun iB SiAga Bisnis yang diblokir selama jangka waktu tertentu sesuai dengan tiring, dan nasabah bisa berQurban dengan berbagai macam pilihan hewan dan juga bisa langsung disalurkan ke mitra BSB yaitu ACT,” tambahnya.

Presiden ACT, Ibnu Khajar

Bagi ACT, ini merupakan kerja sama tahun kedua bersama PD Dharma Jaya. “Tahun ini, kita tidak hanya memberikan beras dan air, tapi juga daging Qurban. Dari 100 ribu ekor sapi, 50 persen-nya untuk di pulau Jawa, 25 persen untuk di luar Jawa, dan 25 persen-nya lagi untuk di 32 negara secara global,” tutup Bapak Ibnu Khajar.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *