Menurut Wikipedia, kaleidoskop adalah suatu alat optik yang terbuat dari beberapa cermin yang disusun dengan sudut kemiringan tertentu sehingga dapat menghasilkan pantulan cahaya dengan warna yang indah. Benarkah demikian? Yuk, kita buktikan, Kids!

Alat dan Bahan:

  • Kertas cermin
  • Karton
  • Double tape
  • Gunting
  • Biji Saga
  • Kerang

 Langkah Percobaan:

1.Rekatkan kertas cermin dengan double tape pada karton. Beri sedikit jarak antara kertas cermin yang direkatkan dengan tepi karton.

2. Tekuk karton menjadi segitiga lalu rekatkan dengan double tape. Tutup salah satu sisi karton yang memiliki tepi dengan karton lain, namun tidak rapat, sehingga ada celah agar cahaya masuk ke dalam.

3. Letakan biji saga dan kerang ke dalam cermin segitiga tersebut. Lihatlah ada bayangan yang jumlahnya tidak terhingga.

Apa Kata Sains:
Cahaya memiliki sifat yang bisa dilihat, diteruskan, dan dipantulkan. Melalui percobaan di atas, maka kita dapat mengetahui bahwa cahaya dari luar akan masuk ke kaleidoskop melalui celah karton. Sehingga, benda-benda kecil yang ada di dalamnya bisa terlihat. Oleh karena seluruh dinding dalam kaleidoskop tertutup oleh kertas cermin, maka cahaya dan bayangan benda dapat dipantulkan berkali-kali dan menghasilkan bayangan yang tidak terhingga dan warna yang indah. Bagus, kan, Kids?

Percobaan ini dilakukan di:
Rumah Sains Ilma
Jl. TPU Parakan 148
Pamulang 2 – Tangerang Selatan
Telp: 021- 7463.1039

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *