Pantai Pangumbahan merupakan salah satu objek wisata di pesisir laut Selatan pulau Jawa. Pantai Pangumbahan berada di kampung Pangumbahan, desa Gunung Batu, kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi. Dari kota Sukabumi, pantai yang berada di kawasan wisata Ujung Genteng ini bisa ditempuh dalam waktu dua setengah jam dengan kendaraan pribadi.

Yang menarik dari pantai Pengumbahan adalah, pantai ini merupakan tempat favorit bagi para penyu untuk bertelur. Hampir setiap hari, ada penyu yang bertelur di pantai ini.

Musim Bertelur

Ketika musim bertelur tiba, yaitu sekitar bulan Agustus, penyu yang mengunjungi pantai ini bisa mencapai 15 ekor setiap harinya. Tapi ingat, untuk bisa menyaksikan secara langsung penyu bertelur, mulai dari pertama kali naik ke darat, menggali pasir hingga mulai bertelur, biasanya dilakukan pada malam hari.

Sebelum masuk area penangkaran, teman-teman diwajibkan untuk mengisi buku tamu dan membayar tiket per orang. Lalu, teman-teman akan diberitahu oleh seorang pemandu tentang beberapa larangan yang harus dipatuhi untuk bisa melihat penyu yang bertelur. Di antaranya, tidak boleh berisik, tidak boleh menyalakan lampu senter, dan tidak boleh merokok.

Sebab, apabila ada lampu yang menyala, penyu bisa batal bertelur dan kembali ke laut. Jadi, keadaan di sekitar pantai harus steril dan bebas dari cahaya maupun kebisingan.

Ketika lobang dirasa sudah cukup, penyu yang beratnya mencapai satu kwintal itu akan mulai bertelur. Perlahan tapi pasti, satu persatu telur bulat yang berwarna putih, keluar. Biasanya, seekor penyu, sekali bertelur bisa mencapai 150 butir.

Penangkaran

Penangkaran penyu di pantai Pangumbahan merupakan salah satu upaya konservasi penyu yang habitatnya mulai terganggu oleh ulah manusia. Telur-telur penyu kerap dicuri untuk diperjualbelikan. Konservasi ini begitu penting mengingat dari sekian banyak telur yang menetas, belum tentu penyu-penyu tersebut mencapai usia dewasa dengan selamat.

Inilah mengapa perlu adanya pelestarian dan konservasi dengan membuat penangkaran penyu. Untuk bertahan hidup saja, penyu sudah sulit. Bagaimana kalau kelestariannya diganggu oleh ulah manusia yang ingin mengambil keuntungan pribadi?

(JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *