Fonomena laut merah, pantai pink dan pantai merah membuat mata yang memadang takjub akan keajaiban Tuhan pada alam semesta. Pantai pink ada beberapa negara, ini dikarenakan oleh campuran pasir putih dengan pecahan koral merah. Laut merah kita ketahui karena koral dan juga mahluk air yang hidup dalam zona laut tersebut.

Di delta sungai Liaohe tepatnya 30 km dari arah barat daya kota Panjin, China dapat dilihat sebuah fenomena alam yang sungguh menakjubkan mata memandang. Daerah tersebut dijadikan tujuan wisata kota Panjin yang dikenal dengan hamparan karpet merah. Pantai merah sangat luas sekitar 6.000 ha tanah yang akan berwarna merah darah pada musim gugur tepatnya memasuki bulan september hingga memasuki musim dingin.

Warna merah pantai ini dikarenakan pantai dengan lumpur flat tanah salin-alkali berkadaran garam tinggi yang ditumbuhi sejenis tanaman rumput laut blite. Rumput ini tumbuh pada bulan april-mei dengan warna hijau yang perlahan-lahan akan berubah warna menjadi merah darah pada musim gugur sekitar bulan september-oktober. Banyak rumput jenis tersebut tumbuh di daerah lain tetapi tidak bisa berubah warna menjadi merah, hanya rumput laut blite yang tumbuh di lumpur flat tanah salin alkali daerah Panjin yang berubah warna merah.

Tanah yang mengandung sodium dapat tukar dalam jumlah banyak (tanah salin alkali) dapat menggangu pertumbuhan tanaman yang tumbuh diatasnya. Kondisi tanah salin alkali inilah yang menyebabkan rumput laut blite berubah perlahan-lahan warnanya menjadi merah darah. Daerah dengan tanah salin alkali banyak ditemui di daerah subtropis dan tropis yang curah hujannya tidak mencukupi untuk pencucian terhadap kandungan kadar garam tinggi yang ada di dalam tanah. Ternyata kadar garam yang terlalu tinggi dalam tanah bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu ya teman-teman.

Wilayah pantai merah ini merupakan wilayah cagar alam yang tertutup untuk umum hanya sedikit yang dibuka untuk tempat wisata karena didalamnya menjadi tempat singgah dari 236 jenis burung yang bermigrasi pada jalur Asia –Australia. Perlu diketahui juga diantara 236 jenis burung yang ada dalam cagar alam tersebut juga terdapat 30 jenis burung yang sangat langka yang merupakan burung lokal yang dilestarikan karena nyaris punah seperti cranes, black-mouth gulls dan lain-lain. Tidak hanya habitat burung yang ada di cagar alam tersebut tetapi juga ada anjing laut yang berada di ujung laut lepas. Kalau teman-teman jalan-jalan ke negeri tirai bambu bisa menyempatkan ke kota Panjin yang jaraknya 550 km Beijing.

Teks: JFK   Foto : Ist

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *