Menghirup udara bersih di kota-kota besar adalah kelangkaan, karena udara umumnya sudah tercemar oleh berbagai aktivitas manusia, seperti asap kendaraan, asap rokok, limbah pabrik, debu, atau bahkan tercemar kabut asap hasil kebakaran hutan.

Bukan hanya di luar, polusi udara pun sangat bisa ditemukan di dalam ruangan di rumah kita. Sebab, udara luar yang tercemar bisa masuk ke dalam rumah melalui ventilasi udara, pintu atau jendela yang terbuka. Ditambah lagi dengan adanya debu, bulu binatang peliharaan, asap masakan, aroma cat tembok dan sebagainya bisa menambah buruk kualitas udara di dalam ruangan. Efek polusi udara sungguh mengkhawatirkan karena bisa membahayakan kesehatan, salah satunya adalah penyakit alergi, yang sering kali dikaitkan dengan gangguan pernapasan, mulai dari serangan asma hingga batuk kronis.

Jernihkan Udara Kotor

Kebutuhan akan udara bersih jadi kian penting di masa pandemi. Seperti kita tahu, infeksi Covid-19 bisa terjadi salah satunya akibat terpapar virus corona yang bertahan di udara maupun menempel di benda-benda sekitar. Bila kita yakin udara di rumah bersih dan sehat, tentu Moms tak perlu waswas akan kesehatan diri maupun keluarga tersayang, baik itu suami, anak-anak, hingga Kakek dan Nenek.

Berangkat dari kepedulian akan kesehatan masyarakat Indonesia di tengah situasi pandemi tersebut, mendorong PT Turbo Elektro Domestici (TED), yang merupakan anak perusahaan dari PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk. (SCNP), meluncurkan Trsna Turbo Air Purifier dan Trsna Turbo Sterilizer Cabinet pada Rabu (28/04) di Bekasi.

“TED memahami bahwa aspek kebersihan dan kesehatan telah menjadi signifikan dalam setiap aspek kehidupan, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Pemurni udara (Air purifier) dan sterilizer menjadi perangkat yang dibutuhkan oleh keluarga. TED mengembangkan produk yang mampu membantu meningkatkan aspek kebersihan dan kesehatan melalui peningkatan sirkulasi udara dengan baik,” ungkap Jeremy Surya, Marketing & Sales Manager PT TED.

Jeremy Surya, Marketing & Sales Manager PT TED sedang melakukan demo penjernihan udara dari polutan asap knalpot motor menggunakan Trsna Air Purifier

Pada kesempatan itu, ia dan tim lalu melakukan demo di luar ruangan menggunakan pemurni udara Trsna untuk menyaring polutan asap kendaraan. Asal knalpot motor disalurkan ke dalam kotak kaca yang sebelumnya sudah diletakkan air purifier di dalamnya beserta alat pengukur AQI (Air Quality Indeks) atau Indeks Kualitas Udara. AQI menunjukkan angka 500, yang berarti berbahaya. Setelah Air Purifier dinyalakan, perlahan-lahan angka AQI turun. Dalam waktu sekitar 1 menit, Trsna Air Purifier memurnikan udara kotor tadi sehingga angka AQI berhenti di angka 4, yang berarti baik. Wow!

Untuk diketahui, ada beberapa kategori Indeks Kualitas Udara, yakni kategori Baik (0 – 50), Sedang (51 – 100), Tidak Sehat (101 – 199), Sangat Tidak Sehat (200 – 299) dan Berbahaya (300 – lebih).

Wah, coba bayangkan Moms, bila kita atau tetangga memanaskan mesin mobil atau motor di depan rumah, maka asap knalpot yang termasuk kategori berbahaya tadi bisa masuk dan mencemari udara di dalam ruangan rumah kita. Namun, bila kita memasang air purifier di dalam rumah, maka udara kotor tadi akan dihisap lalu disaring kemudian sebagai gantinya dilepaskan udara yang lebih jernih. Tentunya hal ini sangat membantu menyegarkan pernapasan kita ya, Moms.

Cegah Alergi dan Aman Bagi Anak

Trsna Air Purifier sendiri hadir dalam 2 varian, yaitu Trsna Turbo  Stand Air Purifier dan Trsna Turbo Wall-Desk Air Purifier yang mudah digunakan. Dirancang secara khusus, Trsna Turbo Air Purifier mampu membersihkan udara dalam ruangan secara maksimal, dimana ragam virus dapat menyebar melalui udara.

(kiri – kanan) Donny Trinanta Herwindo Y – Direktur Keuangan SCNP, Shirly Effendy – Chief Operating Officer SCNP dan Jeremy Surya – Marketing & Sales Manager PT TED pada acara peluncuran Trsna Turbo Air Purifier dan Trsna Turbo Sterilizer Cabinet pada Rabu (28/04) di Bekasi

Ditambahkan oleh Shirly Effendy, Chief Operating Officer SCNP, semua  produk Trsna tersebut menyasar para orangtua berusia 28 – 40 tahun, yakni keluarga modern yang menggunakan teknologi sebagai bagian dari gaya hidup yang mempermudah aktivitas sehari-harinya. “Produk Trsna dilahirkan atas dasar kemanusiaan, yakni alat yang dibuat atas dasar cinta untuk membantu melindungi orang-orang yang kita kasihi,” katanya. Manfaat air purifier tersebut, imbuh Shirly, bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia (lansia).

Ya, dari segi kesehatan, air purifier besar manfaatnya. Alat ini berperan untuk menyaring dan membersihkan udara dari berbagai polutan, bakteri, dan virus sehingga udara yang telah disaring dan dibersihkan tersebut menjadi lebih aman dihirup oleh keluarga Moms di rumah. Pasokan udara bersih, tanpa ada partikel polutan dan membahayakan, dapat memberikan efek positif bagi kesehatan.

Dengan menggunakan air purifier, udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih dan sehat serta aman bagi kesehatan keluarga

Terutama bagi Moms yang memiliki anak yang rentan alergi atau gangguan pernapasan seperti asma, maka sangat disarankan untuk menggunakan air purifier di rumah. “Ibu-ibu pasti ingin memberikan yang terbaik dan rasa aman bagi anaknya. Bagi yang alergi debu atau bulu hewan, air purifier ini sangat membantu mencegah alergen itu mengotori udara di ruangan, sehingga kejadian alergi bisa dihindari karena udara jadi lebih aman untuk anak. Atau bagi anak yang memiliki penyakit tertentu seperti asma, setidaknya ia bisa menghirup udara yang lebih bersih ketika di rumah,” ujar Shirly.

Teknologi 4 in 1

Untuk menjernihkan udara, Trsna Turbo Stand Air Purifier dilengkapi dengan teknologi 4 in 1, yaitu:

  • UVC LED. Membantu melumpuhkan virus, bakteri, jamur dan patogen
  • Filter HEPA (High-Efficiency Particulate Arrenstant). Mampu menyaring 99,9% partikel berbahaya yang berukuran lebih besar dari 0,3 mikron
  • Ionizers. Mengeluarkan ion-ion negatif yang dapat mengurangi partikel-partikel buruk di udara
  • Penjebak Nyamuk. Mampu menarik nyamuk dan serangga agar terperangkap
Setiap harinya, TED memproduksi sekitar 1100 Air Purifier

Jika Turbo Stand Air Purifier didesain portabel yang ketinggiannya bisa diatur sesuai kebutuhan, maka Trsna Turbo Wall-Desk Air Purifier didesain  untuk menempel pada dinding dan diletakkan di meja.  Alat ini dilengkapi pula dengan remote control untuk mengontrol mode kecepatan. “Turbo Wall-Desk Air Purifier ini dilahirkan atas permintaan pasar. Cocok digunakan di perkantoran untuk ruang meeting misalnya, atau di rumah sakit dan hotel, untuk memberikan kualitas udara yang baik di dalam ruangan,” pungkasnya.

Hal ini diangguki oleh Donny Trinanta Herwindo Y, Direktur Keuangan SCNP. Air purifier ini, katanya, bisa meminimalisir virus yang ada di udara dan menghasilkan udara yang lebih jernih. Oleh karena itu, pihak perusahaan telah menjadikan air purifier sebagai salah satu alat protokol kesehatan di masa pandemi. “Kami memasang air purifier di setiap ruangan setiap hari agar udara bersih tetap terjaga dengan baik,” katanya.

Trsna Turbo Air Purifier bisa dipakai untuk ruangan berukuran 8x8x3 dengan listrik berdaya 35 watt. Harga jual produk ini adalah Rp. 3,2 juta per unit.

Lemari Sterilisasi

Di kesempatan yang sama, TED juga meluncurkan Trsna Turbo Sterilizer Cabinet yang memiliki kapasitas besar hingga 80 liter, yang dapat menampung 5 kg beban di setiap rak.  Perkembangan gaya hidup di masa saat ini telah membuat sterilizer sebagai produk yang penting untuk menjaga perangkat dan barang-barang pribadi agar bersih dari bakteri dan/atau virus lainnya.

Kapasitas penyimpanannya  yang luas dapat memuat setiap ukuran barang yang akan disterilisasi, sehingga praktis dan menghemat waktu dalam proses pembersihan. “Bisa digunakan untuk mensterilisasi mainan anak, peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, dokumen-dokumen, uang, makanan kemasan, pakaian, paket kiriman, dompet, uang, masker dan sebagainya,” imbuh Shirly.

Trsna Turbo Sterilizer Cabinet merupakan lemari pintar yang dilengkapi pemanas dan lampu UVC untuk mensterilkan barang-barang di sekeliling kita

Perangkat ini menggunakan lampu UVC, dimana  sinar UVC ini sangat efektif untuk membunuh virus dan bakteri yang tak kelihatan mata. Trsna Turbo Sterilizer Cabinet juga dilengkapi dengan penghangat (warmer) untuk memastikan agar proses sterilisasi dapat lebih efektif hingga ke bagian dalam barang  yang dibersihkan. Perangkat ini memiliki tombol pengaman yang dapat memastikan bahwa lampu UVC akan padam secara otomatis saat pintu ruangan terbuka. Untuk melakukan proses sterilisasi, Moms dapat mengatur waktu lewat fitur timer dengan durasi 5 menit, 45 menit atau 60 menit.

“Dengan kapasitasnya yang besar, Trsna Turbo Sterilizer Cabinet sangat efektif dalam membersihkan barang-barang yang kita gunakan sehari-hari. Desainnya yang unik juga disempurnakan dengan material yang sudah dipastikan keamanan, sehingga tak perlu khawatir digunakan setiap hari,” tutup Jeremy Surya, Marketing & Sales Manager PT TED.

Trsna Turbo Sterilizer Cabinet bisa Moms dan Dads dapatkan dengan harga Rp. 2,2 juta per unit.

Foto: Efa, Ist

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *