Panda Mobile, Truk Edukasi WWF Indonesia yang Keliling ke Sekolah-sekolah

Namanya Panda Mobile.  Bentuknya truk dengan 6 roda besar. Ada gambar hewan panda lucu di bak truk yang merupakan logo WWF (World Wide Fund for Nature). Selain panda, bak truk dipenuhi gambar dan tulisan berisi informasi satwa langka maupun tumbuhan yang dilindungi. Ya, itu bukan sekedar truk, Kids. Melainkan truk edukasi yang menyebarkan pesan soal konservasi lingkungan.

Setiap bulannya, tim Panda Mobile dari WWF Indonesia akan mendatangi sekitar 10 – 15 sekolah-sekolah TK hingga SD di Jabodetabek. Dengan durasi sekitar 2 hingga 3 jam,  siswa-siswa sekolah tersebut akan diajak untuk belajar mencintai, memelihara dan melindungi lingkungan.

Asyiknya, truk ini dilengkapi dengan perpustakaan yang memuat ratusan koleksi buku lingkungan, permainan edukatif berupa puzzle, TV plasma, serta perlengkapan multi media lainnya.

Dengan panjang  7,5 m dan kapasitas 20 orang, kabin belakang Panda Mobile dapat dibuka menjadi panggung multi fungsi, lho! Di sana bisa dilakukan kegiatan story telling, mewarnai, pameran foto, dan beragam kegiatan interaktif lainnya.

Maret, Tema Earth Hour

Menurut Kak Sani Firmansyah, Supporter Center Staff dari WWF Indonesia,  Panda Mobile sudah bergerak sejak tahun 2011. “Kegiatan Panda Mobile sudah berjalan ke banyak sekolah di Jabodetabek dengan tema tentang keaneka ragaman hayati, antara lain hewan-hewan yang terancam punah. Tapi dibulan Maret ini, kami menyesuaikan dengan tema besar yang dirancang oleh WWF Indonesia, yakni tentang Earth Hour,” ujarnya yang ditemui Just For Kids di stadion utama Gelora Bung Karno (GBK),  Jakarta Selatan.

Kak Sani Firmansyah, Supporter Center Staff – WWF Indonesia

Ya, Earth Hour atau Jam Bumi adalah aksi mematikan lampu selama satu jam sebagai simbol peduli lingkungan. Sabtu besok, tepatnya tanggal 24 Maret 2018, stadion utama GBK akan menjadi ikon Earth Hour Indonesia, Kids.

Baca juga Stadion Utama Gelora Bung Karno Jadi Simbolis Earth Hour 2018 #Connect2Earth

Mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB, lampu penerangan dan dekorasi akan dipadamkan. Stadion GBK akan menjadi gelap gulita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *